Pentas PAI Kota Sukabumi, SDN Baros Kencana CBM Tuan Rumah, 56 Siswa Bersaing

Pentas PAI Kota Sukabumi tahun 2022
Salah satu peserta lomba kaligrafi serius mengerjakan kaligrafinya pada lomba Pentas PAI tingkat Kota Sukabumi, Sabtu (21/5/2022).

SUKABUMI – Sebanyak 56 siswa Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta se-Kota Sukabumi mengikuti Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Kota Sukabumi tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di SDN Baros Kencana CBM pada, Sabtu (21/5/2022).

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan Peserta Didik Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Dadi Rulanto mengatakan, ada empat mata lomba yang dikompetisikan, diantaranya Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Pildacil dan Kaligrafi.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan lomba Pentas PAI tingkat kota dimana nantinya juara pertama bakal mewakili Kota Sukabumi ke tingkat Provinsi Jawa Barat, sehingga lomba ini merupalan seleksi untuk ke tingkat Jawa Barat.

Untuk pesertanya sendiri itu semua ada 56 peserta mereka merupakan juara pertama dari masing-masing kecamatanan karena sebelum ke tingkat kota para diseleksi terlebih dahulu di tingkat kecamatan,” terang Kasi Pembinaan Peserta Didik Disdikbud Kota Sukabumi, Dadi Rulanto kepada Radar Sukabumi.

Pentas PAI tingkat Jawa Barat sendiri akan dilaksanakan di awal Juni 2022 di Kabupaten Cirebon. Dikatakannya, kegiatan Pentas PAI dilaksanakan selama satu hari, yakni pada Sabtu (21/5/2022). Nantinya di hari terakhir acara akan diisi dengan pengumuman para pemenang dari tiap mata lomba.

Berbeda dengan tahun sebelumnya pelaksanaan Pentas PAI tingkat Kota Sukabumi tahun ini dilaksanakan secara meriah dan bertatap muka langsung. Sebab tahun lalu pelaksanaan pentas PAI dilaksanakan secara daring atau online.

“Tahun ini baru kita buka secara langsung namun tetap dengan menereapkan prokes secara ketat. Tahun karena sedang pandemi jadi kita adakan secara daring,” imbuhnya.

Dadi menuturkan, tujuan dari diadakannya Pentas PAI Kota Sukabumi ini untuk mencari bibit unggul di bidang agama juga mengembangkan potensi peserta didik khususnya potensi Pendidikan Agama Islam.

Sementara itu, Kepala SDN Baros Kencana CBM Titi Kurniati mengaku bangga karena sekolahnya menjadi tuan rumah penyelenggara Pentas PAI tingkat Kota Sukabumi.

“Alhamdulilah ini juga keinginan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar pelaksanaan Pentas PAI Kota Sukabumi dilaksanakan di SDN Baros Kencana CBM,” tuturnya.

Adapun menurut Titi, segala persiapan telah dilaksanakan mulai dari menghias panggung hingga ruang kelas. Tidak hanya itu, pada kesempatan ini, tim marawis di SDN Baros Kencana CBM bisa tampi dengan sebaik mungkin. Bahkan beberapa siswa dari SDN Baros Kencana CBM juga mengikti perlombaan Pentas PAI tingkat Kota Sukabumi. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan