Pelajar SMAN 5 Nobar G 30 S PKI

  • Whatsapp

SUKABUMI — Ratusan pelajar SMAN 5 Kota Sukabumi nampak antusias mengikuti kegiatan Nonton Bareng (Nobar) film pengkhianatan G30S/PKI di ruang kelas SMAN 5 Kota Sukabumi, kemarin (27/9).

Dari pantauan Radar Sukabumi, tingginya animo pelajar untuk menyaksikan film bersejarah tersebut, membuat ruang kelas penuh sesak, meski harus duduk di lantai para pelajar ini semangat menyaksikan berlangsungnya pemutaran film tersebut.

Bacaan Lainnya

Wakil Kesiswaan (Wakasek) SMAN 5 Kota Sukabumi, Budi Setia Baskara mengatakan, dalam pemutaran film tersebut pihak sekolah bekerjasama dengan Koramil 0703/Baros. Nobar sendiri digelar dilakukan dari 08.00 WIB hingga Pukul 16.00 WIB. “Para pelajar dibagi menjadi dua sesi, sesi petama pada Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 12.00 WIB, sesi kedua dari mulai Pukul 12.00 sampai Pukul 16.00 WIB,” kata Budi kepada Radar Sukabumi, kemarin (27/9).

Menurut dia, pemutaran film ini dinilai penting untuk menambah pengetahuan sejarah sekaligus mengingatkan generasi muda akan bahaya laten komunism yang bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945. “Para pelajar ini sangat penting mengetahui sejarah Negara Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya itu, Nobar tersebut juga merupakan salah satu bagian dari pendidikan karakter bangsa dalam menghargai jasa para pahlawan serta penguatan ideologi Pancasila. “Sejarah bangsa ini penting diketahui agar tidak terlupakan, terutama bagi generasi muda,” tansanya.

Budi menambahkan, Nobar ini dapat memberikan wawasan kebangsaan dan sejarah kepada para siswa tentang tragedi yang pernah mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Pasalnya, dalam sejarah Indonesia pernah memiliki peristiwa kelam dan peristiwa itu sebagai pembelajaran bagi warga negara agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang. “Kami harap, dengan adanya Nobar ini para pelajar dapat mengambil hikmah serta memiliki rasa nasionalisme hingga tertanam rasa cinta tanah air dan bangsa,” harapnya. (Cr16/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *