Menilik SMK Terpadu 1 YASPIDA Sukabumi, Sekolah Sambil Mondok spesisialis Keahlian Terkini

Pelajar SMK
ILUSTRASI: Pelajar SMK sedang praktik.

SUKABUMI — Tak perlu menjelaskan jika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah spesisialis keahlian. Tetapi, jika ada ada pertanyaaan, di mana SMK yang berkonsentrasi dengan keahlian mempuni dan berjiwa qurani, maka Terpadu 1 YASPIDA Sukabumi lah sekolah itu.

Terpadu 1 YASPIDA Sukabumi adalah salah satu sekolah berbasis pesantren yang bisa dikatakan terbesar di Sukabumi. Jauh hari sebelum integrasi sekolah dan pesantren mulai menjamur, sekolah ini telah ‘leading’ dan memulainya dengan fasilitas mempuni dan luar sekolah yang cukup besar.

Sekolah ini berada dalam naungan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Darussyifa Al-Fitrat (YASPIDA). Yaspida sendiri merupakan nama pesantren dan sekolah yang riwayatnya terlacak dibangun mulai tahun 2000an.

Pendaftaran SMK Yaspida
Pendaftaran SMK Yaspida

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terpadu I Yaspida, Margono menerangkan, Sekolah yang Berbasis Pesantren yang berlokasi di Jln. Parungseah No. 43 Km 4 Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi ini, merupakan lembaga pendidikan yang membekali peserta didik dengan wawasan tentang nilai -nilai dasar Islam untuk direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Memperkuat keilmuan dan SMK ini juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Beberapa di antaranya adalah perusahaan yang kesohor di Indonesia.

“Untuk Pendirian SMK berdasarkan izin berdasarkan ijin Kanwil Diknas Provinsi Jawa Barat tanggal 23 Nopember dengan SK No. 2503/102.1/KEP/OT/2000 dengan SK Pengesahan Status Terakreditasi “A” berdasarkan Keputusan Akreditasi Provinsi Jawa Barat tanggal 9 Nopember 2010, “jelasnya.

Menurutnya, keberadaan SMK Terpadu 1 YASPIDA Sukabumi, sangat strategis dalam rangka memenuhi kebutuhan lulusan di bidang Teknologi dan Rekayasa, seperti Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Teknik Komputer dan Jaringan).

Bahkan kini telah dikembangkan menjadi 3 kompetensi kealian baru yaitu Teknik Gambar Bangunan, Animasi, Broadcast, mengingat banyaknya Dunia Usaha dan Dunia Industri yang memerlukan tenaga siap pakai tingkat menengah yang terampil di bidangnya.

“Untuk dapat mendukung ke arah itu, salah satunya dengan praktik siswa yang sesuai dengan tuntutan Dunia Usaha dan Industri selain itu lingkungan SMK Terpadu 1 YASPIDA Kabupaten Sukabumi sangat representatif untuk kegiatan belajar mengajar, “jelasnya

Di samping udaranya sejuk dari pegunungan serta tidak bising oleh kendaraan, juga terdapat banyak tanaman-tanaman serta pohon-pohon yang bisa kita jadikan sebuah pemandangan. Maka dengan itu YASPIDA disebut The GREEN CAMPUS.

SMK Terpadu 1 Yaspida merupakan lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan, yang diharapkan mampu menghasilkan tenaga kerja terampil tingkat menengah untuk mengisi lapangan kerja yang tersedia di tingkat regional, nasional dan internasional.

“Saya berharap SMK Terpadu 1 Yaspida bertekad memenuhi persyaratan stakeholders dengan bekerja keras untuk membentuk sumber daya/tamatan yang MANIS dan mempunyai SKILL, “terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, maksud dari MANIS tersebut adalah Maturation; Mempunyai kedewasaan. Atraktif; Memiliki daya tarik, dan sifat menyenangkan. Normatif; Berpegang teguh pada norma yang berlaku (agama, kesusilaan, adat/ sopan santun, hukum). Inisiatif; Mempunyai terobosan-terobosan baru. Kemudian untuk SKIL : Mempunyai keahlian sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimiliki.

SKILL: Sikap; mempunyai sikap positif dalam perilaku. Kompeten; menguasai kompetensi sesuai standar dan persyaratan. Inovatif; mempunyai kemampuan berkreasi dan berinovasi. Logis; mempunyai pola pikir yang masuk akal. Loyal; mempunyai loyalitas yang baik terhadap profesi dan atasan SMK Terpadu 1 Yaspida membangun mutu organisasi yang menjadi CENTER keterampilan teknologi bagi masyarakat disekitarnya.

CENTER: Competitive; sekolah mempunyai keunggulan-keunggulan dalam program, sumber daya dan prestasi, Effective Efficient; sekolah harus efektif dan efisien dalam mengoptimalkan sumber daya untuk mencapai tujuan sekolah. Need; Improvement, selalu mengikuti perkembangan yang terjadi dan mengakomodasi untuk pengembangan sekolah. Thinking Culture; membudayakan berfikir inovatif pada setiap personil sekolah. Educated; menerapkan prinsip pendidikan yang utuh dalam pengelolaannya. Revitalize; mengembangkan kesesuaian dan kesetaraan, program sesuai of link and match dengan harapan stakeholder.

“Untuk lebih jelasnya mengenai SMK Terpadu 1 YASPIDA Anda bisa klik DI SINI atau datang langsung ke sekolah dan bisa juga meminta penjelasan ke nomor +62 857-8028-5024, disana akan akan penjelasan lengkap, “tukasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan