Belajar Online Berdampak Buruk

  • Whatsapp
Psikolog Sukabumi, Joko Kristianto

SUKABUMI – Para orang tua murid rupanya cukup banyak yang mengeluh pada masa pembelajaran anak secara online dirumah hingga konsultasi di psikolog. Rata-rata, orang tua yang datang ke psikolog tersebut cukup depresi melakukan pembelajaran hingga menangani tindakan indisipliner dari anaknya saat belajar.

Hal itu, diakui oleh Psikolog Joko Kritianto. Menurutnya, pasca pandemi Covid-19 melanda, cukup banyak pada orang tua dari kalangan menengah keatas yang datang melakukan konsultasi dengannya.

Bacaan Lainnya

“Cukup banyak yang datang dari ornah tua murid, yang berkonsultasi tentang cara memberikan pelajaran kepada anak sampai cara menghadapi tindakan indisipliner dari anak saat belajar,” jelasnya saat dihubungi Radar Sukabumi, Jumat (18/9).

Tidak yang melakukan konsultasi, lanjut Joko, beberpa orang tua murid meminta untuk ditindak lanjuti dengan konseling dan pemberian tata laksananya terkait bagaimana penanganan secara psikolog.

“Ada juga bebrpaa yang langsung melakukan konseling, saya memberikan penanganan secara psikologis terhdap anak dan orang tua murid dalam membantu proses pembelajaran,” terangnya.

Hingga saat ini, menurut Joko, belum ada ideal tentang belajar jarak jauh secara online. Padahal, pemerintah bisa mengadopsi Universitas Terbuka dan Ruang Guru yang sudah jaub-jauh hari melakukannya.

“Saat ini kan terkesan diserahkan saja kepada guru dan orang tua, sedangkan jika berbicara efektivitas itu kurang. Saya rasa, pemerintah bisa mengadopsi yang sudah ada di Indonesia, seperti misalnya cara belajar UT dan Ruang Guru,” sebutnya.

Namun demikian, jika konsep belajar secara online sudah ditemukan dengan baik. Namun hal itu, hanya bisa berbicara terkait akademisnya. Sedangkan, seagate attitude itu belum tentu mengena.

“Orang tua yang betul saja memperhatikan anaknya, tapi belum tentu mengusai psikologi pendidikan. Makanya sampe muncul anekdot ibu ku lebih galak daripada guruku,” pungkasnya. (upi/d)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *