Kubur Mimpi Ke Peru

KUALA LUMPUR-Timnas Indonesia U-16 harus mengubur impian melaju ke Piala Dunia U-17 2019 yang akan dilaksanakan di Peru. Garuda Asia harus pulang lebih awal setelah keok 2-3 atas Australia kemarin di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur di babak quarter final Piala AFC U-16 2018. Padahal Indonesia sempat memimpin terlebih dahulu lewat gol Sutan Zico pada menit ke 17.

Petaka Indonesia dimulai di babak kedua, Australia sukses menyamakan kedudukan setelah Daniel Walsh menjebol gawang Ernando Ari Sutaryadi. Pada menit ke 65 Australia justru membalikan kedudukan lewat gol Adam Leombruno. Tim asuhan Trevor Morgan itu semakin diatas angin setelah Noah Botic mencetak gol ketiga Australia (74’).

Bacaan Lainnya

Sebenarnya Indonesia sempat memperkecil kedudukan lewat kaki Rendy Juliasnyah di menit 89. Lima menit terakhir Indonesia juga mempunyai banyak peluang. Sayang mereka belum mampu menyamakan kedudukan hingga laga usai. ”Ini hasil yang harus kami hadapi. Tentu ini bukan hasil yang kami harapkan. Terlepas itu, Pemain sudah tampil luar biasa selama di Piala AFC U-16 ini,” tutur pelatih Indonesia Fakhri Husaini.

Terhenti di ajang Piala AFC dan gagal melangkah ke Piala Dunia U-17, bukan berarti perjuangan skuad Garuda Asia berhenti sampai disini. Bagi Fakhri, tim asuhannya hasru tetap mengembangkan karir sepakbolanya. Salah satu contoh seperti M. Supriadi yang akan menuntut ilmu sepakbola di Liverpool setelah pulang dari Malaysia. ”Mereka masih muda. Mereka merupakan cikal bakal pemain hebat di Indonesia di masa yang akan datang,” ucap pelatih asal Lhokseumawe, Aceh itu.

Selain itu, di skuad Garuda masih ada beberapa nama kelahiran tahun 2002 seperti Cecep Mulyana dan Fatah Aji. Itu artinya mereka masih bisa diproyeksikan untuk memperkuat Timans U-16 di ajang Piala AFF U-16 di Thailand.

Disisi lain Trevor Morgan mengaku David Maulana dkk cukup merepotkan pemain mereka. Bahkan dia yakin dengan kualitas yang dimiliki, Timnas Indonesia berpotensi lolos di Piala Dunia Selanjutnya.

”Setiap tim disini punya tujuan untuk ke piala dunia. Kami bisa memenangkan laga, beruntung hari ini kami cukup baik untuk menang dan kami menatap laga berikutnya,” tutur Morgan. Sementara itu, di babak semifinal nanti, Australia sudah dinantikan Jepang yang lolos terlebih dahulu setelah mengalahkan Oman dengan skor 2-1 (30/9).

 

(nia)

Pos terkait