Tes Pra Musim MotoGP di Mandalika

Sirkuit-Mandalika
Pembalam MotoGP, Francesco Bagnaia berjalan santai di Sirkuit Mandalika. Rencananya, tes pra musim kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika akan dimulai besok (11/2).

MANDALIKA – Tes pra musim kedua MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika yang dimulai besok (11/2) merupakan momen para rider menyesuaikan diri dengan motor baru. Sebab 6 Maret mendatang musim 2022 akan dimulai di Sirkuit Losail, Qatar.

Pembalap Maverick Vinales musim ini memulai balapan semusim penuh bersama Aprilia. Musim lalu pembalap 27 tahun itu tampil untuk dua tim. Sebelum GP Aragon, Vinales merupakan pembalap Monster Energy Yamaha.

Bacaan Lainnya

Usai menjajal RS-GP seri terbaru di shakedown test serta tes pra musim pertama di Sepang Malaysia pekan lalu, Vinales mengakui dirinya sampai saat ini masih dalam proses adaptasi dengan motor Aprilia.

Pemilik sembilan podium tertinggi MotoGP itu bahkan menyebut proses adaptasi ternyata memakan waktu lebih panjang dari yang dibayangkan sebelumnya.

“Tentu aku berharap bisa langsung cocok saat melompat ke atas motor ini (RS-GP). Tapi kan tidak bisa seperti itu. Saya masih harus membiasakan diri dengan mesinnya,” ucap Vinales dilansir Motorsport.

Juara Moto3 2013 itu menambahkan, dirinya merasa masih ‘mendorong’ performa motor RS-GP di area yang salah saat melakukan attack di lintasan. Tapi, di lain sisi dia juga ragu apa pendapatnya itu memang benar atau malah hanya perasaannya saja.

Karena itu, dia terus berkoordinasi intens dengan para kru Aprilia agar lebih memahami tunggangannya tersebut.

Motorsport juga melaporkan, dari pantauan selama di Sirkuit Sepang pekan lalu, Aprilia kini sudah membentuk grup kerja baru di lingkaran terdekat Vinales.

Mulai psikolog olahraga. Lalu mantan pelatih pembalap Formula 1 Fernando Alonso, yakni Fabrizio Maganzi. Di tes pra musim pertama Vinales tampil cukup apik.

Dia membuat raihan waktu di posisi kelima dari 27 pembalap yang turun. Secara keseluruhan, catatan waktunya terpaut 0,130 detik dari pembalap tercepat yakni Enea Bastianini dari Gresini yang menunggangi Desmosedici Ducati.

Sementara itu, persiapan untuk balapan tes pra musim MotoGP Mandalika 11-13 Februari sudah rampung. Para pembalap dan logistik balapan sudah tiba di Lombok. Bahkan, logistik balapan sudah mulai di-unboxing oleh kru pembalap di paddock Sirkuit Mandalika kemarin (9/2).

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Asociation (MGPA) Priandhi Satria kepada Lombok Post mengatakan tahapan tes pra musim sejauh ini berjalan sesuai jadwal.

Para pembalap juga sudah mengikuti skenario travel bubble dari hotel ke sirkuit dengan baik. Meski mereka diketahui sempat jalan-jalan ke beberapa destinasi wisata, namun lokasi itu tak jauh dari hotel tempatnya menginap.

“Pembalap sejauh ini kesiapannya sudah oke. Ada yang jogging lari di pantai. Ada juga yang tadi pagi lari dan jalan di sirkuit untuk menghapal medan. Kami memang buka sirkuitnya hanya untuk pembalap,” ujar Priandhi.

Priandhi melanjutkan mulai hari ini (10/2) mereka yang keluar-masuk akan dibatasi. Semua orang yang masuk ke area paddock Sirkuit Mandalika juga harus menjalani tes usap.

“Ketatnya aturan ini agar pelaksanaan tes pramusim perdana MotoGP Mandalika bisa berjalan sukses,” tutur Priandhi. (irr/ton/dra)

Pos terkait