Liverpool dan Tottenham Hindari Kejutan di Piala FA

Liverpool
Penyerang Liverpool Roberto Firmino merayakan golnya ke gawang Shrewsbury Town dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Minggu (9/1). (Phil Noble/Reuters/Antara)

JAKARTA — Liverpool dan Tottenham Hotspur menghindari ancaman kejutan Piala FA setelah mengalahkan lawan mereka yang berstatus tim kasta ketiga dalam laga putaran ketiga pada Minggu (9/1).

Keduanya sama-sama sempat tertinggal lebih dulu dari lawannya. Liverpool akhirnya mengalahkan Shrewsbury Town dengan skor 4-1 di Anfield. Sedangkan Tottenham melakukan hal serupa saat menundukkan Morecambe 3-1 di London, demikian catatan situs resmi FA seperti dilansir dari Antara.

Bacaan Lainnya

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Liverpool tampil menekan sejak awal laga. Tapi The Reds kecolongan ketika Shrewsbury melancarkan serangan cepat yang diakhiri umpan silang Nathanael Ogbeta disambut tendangan voli Dominic Udoh di muka gawang kiper Caoimhin Kelleher.

Keunggulan Shrewsbury tak bertahan lama. Sebab, tujuh menit kemudian talenta muda Kaide Gordon tenang mengendalikan umpan tarik Connor Bradley dengan satu sentuhan sebelum melepaskan tembakan yang membuat kedudukan imbang 1-1.

Lantas semenit jelang turun minum, Fabinho mengkonversi tendangan penalti untuk membuat Liverpool berbalik unggul 2-1 saat menutup babak pertama, setelah aksi ceroboh bek Ethan Ebanks-Landell berusaha menjangkau bola udara dengan tangannya.

Liverpool terus menguasai pertandingan tapi umpan-umpan akhir mereka tak kunjung memperlihatkan ancaman. Akhirnya Roberto Firmino menghadirkan rasa aman saat memperbesar keunggulan jadi 3-1 pada menit ke-78.

Berawal dari tendangan bebas Andy Robertson yang tak disapu bersih barisan pemain Shrewsbury. Fabinho mengirim umpan lambung yang berusaha dikirim ke tengah kotak penalti oleh Tyler Morton. Upaya Ibrahima Konate menyambar bola dihalangi bek lawan, tapi si kulit bundar jatuh di hadapan Firmino yang secara percaya diri melepaskan tembakan tumit dengan membelakangi gawang.

Fabinho melengkapi kemenangan Liverpool jadi 4-1 pada menit ketiga injury time ketika memanfaatkan bola liar umpan tendangan bebas Kostas Tsimikas, yang awalnya tak mampu dia sundul dengan bersih.

Di Stadion Tottenham Hotspur, London, tuan rumah juga sempat dikejutkan Morecambe yang mencuri keunggulan melalui gol Anthony O’Connor dalam situasi sepak pojok. Morecambe malah mampu menjaga keunggulan mereka cukup lama hingga raib pada menit ke-74.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *