Terowongan Terpanjang Habiskan Rp 9,1 T

PADANG – Sumatera Barat (Sumbar) segera memiliki jalan tol. Jumat(9/2), Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memulai pembangunan Jalan Tol Padang–Pekanbaru. Tol itu istimewa karena memiliki terowongan sepanjang 8,95 km. Tunnel tol terpanjang di Indonesia.

Tunnel tersebut bakal menjadi terowong terpanjang di Indonesia dengan panjang 8,95 kilometer. Total dana yang dibutuhkan untuk membangun terowongan itu pun tidak main-main. Yakni sebanyak Rp 9,1 triliun.

Bacaan Lainnya

Tol tersebut akan memiliki panjang 255 kilometer. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan peroyek senilai Rp 78,095 triliun itu akan selesai dalam lima tahun.

Menurut Jokowi, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru penting. Bukan hanya untuk mengurai macet, melainkan juga penting untuk efisiensi mobilitas barang maupun orang. Jika sebelumnya waktu tempuh dari Padang ke Pekanbaru paling cepat sembilan jam, nanti hanya 2,5 jam.

“Tapi, yang lebih penting lagi bahwa ada Pelabuhan Teluk Bayur (Sumbar) dan Pelabuhan Dumai (Riau),” kata Jokowi dikutip Jawa Pos (Jawa Pos Grup).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.