PB HMI MPO Bela Habib Bahar, Apa Bedanya dengan Abu Janda di Depan Hukum ?

Bahar Smith
Habib Bahar Smith saat tiba di Polda Jabar, Senin (3/1/2021)

JAKARTA — Ketua Umum PB HMI MPO Affandi Ismail mempertanyakan apa bedanya Habib Bahar Smith dengan Abu Janda di depan hukum. Menurutnya perlakuan polisi kepada keduanya benar-benar tidak adil.

Keputusan polisi menahan Habib Bahar bin Smith atas dugaan penyebaran berita bohong dikritisi oleh HMI MPO. Ketua Umum PB HMI MPO, Affandi Ismail yang menilai sikap cepat polisi yang merespons kasus Bahar bin Smith menunjukkan perlakuan berbeda dibanding terhadap kasus Permadi Arya atau Abu Janda.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, kata dia, Abu Janda juga sering menimbulkan kegaduhan akibat pernyataannya di media sosial. Tetapi, sampai kini tidak ada tindakan apapun dari penegak hukum untuk memeriksa Abu Janda.

Fakta tersebut, lanjutnya, seperti menunjukkandemokrasi hanya sebatas simbol dan penegak hukum hanya alat kekuasaan untuk memburu pihak-pihak seberang. “Katanya kebebasan berpendapat tapi jika bertentangan dengan selera penguasa maka hukum dijadikan sebagai alat penggebuk dan pembungkam. Sungguh kasihan nasib Demokrasi Indonesia saat ini,” ujar Affandi kepada wartawan, Selasa (4/1).

Ia menilai demokrasi di Indonesia sangat memprihatinkan. Affandi menegaskan, seharusnya warga negara sama dihadapan hukum dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum. Dia justru bertanya, bagaimana pandangan penegak hukum pada keadilan. Pasalnya, ada perbedaan perlakuan dalam penanganan hukum antara Habib Bahar dan Abu Janda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.