Negara Indonesia Disentil, Usai Kualitas udara di Malaysia tidak sehat

Kabut asap tipis terlihat di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 1 Oktober 2023. (Virna P Setyorini)
Kabut asap tipis terlihat di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 1 Oktober 2023. (Virna P Setyorini)

Jika beberapa hari sebelumnya kualitas udara tidak sehat hanya terjadi di wilayah barat Semenanjung, pada Minggu petang sejumlah wilayah di utara Semenanjung tercatat dalam kondisi udara tidak sehat.

Bacaan Lainnya

Sejak akhir September 2023, sejumlah wilayah di Semenanjung Malaysia mengalami penurunan kualitas udara. Meski sempat membaik pada Selasa (3/10) setelah diguyur hujan, kualitas udara di sana kembali turun pada beberapa hari berikutnya.

Pada Kamis (5/10), Menteri Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Malaysia Nik Nazmi Ahmad mengatakan telah mengirimkan surat kepada pemerintah Indonesia dan juga ke Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur terkait polusi asap.

Dia mengatakan pemerintah Malaysia menunggu respons dari pemerintah Indonesia terkait penyelesaian Perjanjian ASEAN tentang Polusi Asap Lintas Batas.

Malaysia juga telah mengirimkan surat kepada perusahaan-perusahaan perkebunan milik Malaysia yang beroperasi di Indonesia untuk memastikan bahwa merek mematuhi hukum dan mencegah pembakaran, katanya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *