Mulai 1 Juni Beli LPG 3 Kg Wajib Bawa KTP, Begini Aturannya

Pertamina Patra Niaga melaporkan terdapat sekitar 41 juta NIK yang telah mendaftar program Subsidi Tepat LPG agar bisa membeli LPG 3 Kg. Masyarakat diharap Bersiap karena mulai 1 Juni 2024
Pertamina Patra Niaga melaporkan terdapat sekitar 41 juta NIK yang telah mendaftar program Subsidi Tepat LPG agar bisa membeli LPG 3 Kg. Masyarakat diharap Bersiap karena mulai 1 Juni 2024

JAKARTA -– Pertamina Patra Niaga melaporkan terdapat sekitar 41 juta NIK yang telah mendaftar program Subsidi Tepat LPG agar bisa membeli LPG 3 Kg. Masyarakat diharap Bersiap karena mulai 1 Juni 2024 bagi yang ingin membeli gas bersubsidi atau LPG 3 Kg wajib membawa KTP.

“Seluruh agen dan juga pangkalan melakukan pendataan terhadap konsumen-konsumen yang melakukan pembelian dan mencatatkan di dalam aplikasi atau sistem yang disebut Merchant Application atau MAP,” ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI pada Selasa (28/5/2024).

Bacaan Lainnya

Riva melaporkan bahwa ada 247 hingga 805 pangkalan yang telah melakukan pencatatan transaksi pembelian LPG 3 kg minimal satu kali. “Dampak dari pencatatan ini dapat kami sampaikan bahwa sudah terdata atau sudah terdaftar 41,8 juta nomor induk kependudukan (NIK) yang mendaftar di subsidi tepat LPG,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pendataan 41,8 juta NIK, 86% atau 35,9 juta pendaftarnya adalah rumah tangga. Kemudian, 5,8 juta NIK adalah usaha mikro, 29,6 ribu NIK nelayan sasaran, 12,8 ribu NIK petani sasaran, dan 70,3 ribu NIK merupakan pengecer.

Soal pertumbuhan jumlah pendaftar, Riva mengatakan bahwa hal ini merupakan progres yang cukup signifikan terutama bagi sektor pengecer.

Keputusan penggolongan untuk penyaluran LPG tepat sasaran berdasar NIK ini mengacu pada data Percepatan Pensasaran Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), dengan total NIK yang berhak mengonsumsi barang bersubsidi itu mencapai 189 juta orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *