KPAI: Mudik Bawa Anak, Dilarang Pakai Motor

Pemudik yang membonceng anaknya (ilustrasi/int)

RADARSUKABUMI.com – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan orangtua lebih baik tidak mengajak anak mudik dengan menggunakan sepeda motor. Terlebih bila perjalanannya cukup jauh.

“Sarana mudik gratis cukup banyak. Lebih baik tidak mudik bersama anak jika dengan sepeda motor,” kata Retno dilansir dari Ayobandung.com, Rabu (29/5/2019).

Bacaan Lainnya

Retno mengatakan mudik menggunakan sepeda motor bisa membahayakan anak. Orangtua perlu mempertimbangkan keselamatan anak sebelum memutuskan mudik menggunakan sepeda motor bersama mereka.

Sementara itu, komisioner KPAI yang lain, Ai Maryati Solihah mengatakan selain faktor keamanan, pemudik tidak boleh melupakan faktor kenyamanan, termasuk kenyamanan anak.

“Seringkali, anak dipandang sebagai subjek yang tidak utuh sehingga orangtua membiarkan anak duduk terlalu lama di sepeda motor,” tuturnya.

Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling tidak aman untuk digunakan dalam perjalanan jauh, termasuk untuk mudik.

“Bila terjadi kecelakaan, badan pengendara sepeda motor dan penumpangnya akan langsung bertabrakan dengan kendaraan lain dan jalan,” katanya.

Karena itu, Kementerian Perhubungan selalu berupaya menekan angka pemudik menggunakan sepeda motor, salah satunya dengan memberikan subsidi bagi pemudik untuk naik bus, kereta atau kapal laut.

“Jadi orangnya naik bus, kereta atau kapal laut, sementara sepeda motornya diangkut juga menggunakan bus, kereta atau kapal juga,” katanya.

(izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.