‘Kado’ Luhut Untuk Ramadan, Usai Pertamax Naik, Elpiji 3 Kg dan Pertalite Segera Naik

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Net

JAKARTA — Setelah resmi pemerintah menaikan harga BBM jenis Pertamax, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menyebut bakal menaikkan harga Pertalite dan gas elpiji 3 kg secara bertahap. Padahal jelang Ramadhan ini, harga Pertamax sudah naik jadi Rp12.500.

Harga BBM Pertamax naik mulai Jumat (1/3/2022) atau dua hari jelang Ramadhan yang jatuh pada Minggu (3/4). Diketahui, sebelumnya Pertamax dijual Rp 9.000 per liter, kini menjadi Rp 12.500 per liter.

Bacaan Lainnya

Selain Pertamax, ternyata harga Pertalite dan elpiji 3 kilogram (kg) berpeluang naik. Sinyal kenaikan harga ini diungkap Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

“Jadi over all yang akan terjadi nanti Pertamax, Pertalite (naik). Premium belum. Terus kemudian mengenai gas yang 3 kg itu kita bertahap,” ujar Luhut Panjaitan di sela-sela meninjau progres Depo LRT Jabodebek di Bekasi, Jumat (1/3/2022).

Kenaikan tersebut berlangsung bertahap.

Menurut Luhut dimulai dari April, kemudian pada Juli dan September 2022. Dia menjelaskan kenaikan harga BBM maupun LPG tidak bisa dihindari, salah satu pemicunya adalah imbas perang Ukraina dengan Rusia.

“Kelangkaan dari pada crude oil karena perang Ukraina dengan Rusia. Kemudian kelangkaan sekarang juga sunflower karena tidak bisa impor atau ekspor dari Ukraina. Dan juga sanksi (Rusia) itu membuat masalah dunia,” terang Luhut.

Pos terkait