Ini Ancaman Banser Soal Adanya Demo Bermotif Pecah Belah NU

Kasatkornas Banser NU, Hasan Basri Sagala/RMOL

JAKARTA — Merespons adanya demonstrasi di kantor pusat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Barisan Ansor Serbaguna (Banser) mulai menyiapkan langkah. Banser mewaspadai aksi-aksi demontrasi berkaitan Muktamar ke-34 NU seperti yang terjadi di depan Gedung PBNU Jakarta Pusat, Jumat (3/12).

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser, Hasan Basri Sagala mensinyalir, demo-demo yang marak belakangan ini cenderung bertujuan menyerang pribadi tokoh.

Bacaan Lainnya

Ia melihat demo tersebut bukan dalam kerangka membangun organisasi NU ke depan menjadi lebih baik.

“Banser terus mewaspadai pihak-pihak yang berupaya menebar fitnah, mengadu domba dan merongrong persatuan warga NU. Kepada mereka kami ingatkan, jika tujuan mereka untuk memecah belah NU maka Banser akan bertindak tegas dan di barisan terdepan menghadapi mereka,” tegas Hasan Basri kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat malam (3/12).

Hasan mengatakan, pada prinsipnya Banser NU tidak pernah antipati dengan aksi-aksi demonstrasi oleh sekelompok elemen yang mengaku bagian dari NU.

Dijelaskan Hasan Basri, sejak awal Banser telah berkomitmen menghargai aksi demo. Sebab, hal itu bagian kebebasan menyatakan pendapat di muka umum yang dilindungi undang undang.

Meski demikian, Hasan meminta agar jika aksi-aksi tetap digelar dalam koridor hukum. Tak hanya itu, sebagai sesama warga nahdliyin, dia meminta sudah semestinya aksi demo dilakukan dengan santun dan menjaga sikap saling menghormati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *