Hari Santri, Jokowi Ungkap Peran Santri di Indonesia

Presiden Jokowi memberikan
Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada 559 perwira Polri di Istana Negara, Jumat 14 Oktober 2022.-Setpres -Disway.id

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) peringati perayaan Hari Santri Nasional 2022 yang digelar pada 22 Oktober 2022. Dalam pernyataanya, Presiden Jokowi ungkapkan peran santri sangat penting dalam perjalanan Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi di laman akun Instagram pribadinya @jokowi. Tak hanya tulis keterangan, Jokowi juga turut memposting foto bersama tiga santri di sampingnya.

Bacaan Lainnya

“Setiap zaman yang dilalui bangsa Indonesia, memiliki tantangan sendiri. Dan di setiap zaman itu, selalu ada pada santri yang berdiri dan berjuang di tempat terdepan untuk menjawab dan menjadi jalan keluar bagi bangsa ini,” tulis Jokowi, dilansir pada 23 Oktober 2022.

Jokowi juga turut memuji sikap teladan seorang santri. Menurut dia, seorang santri memiliki pribadi yang berakhlak dan berpikiran maju. “Menjadi santri adalah menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, cinta bangsa, dan berpikiran maju,” tulis Jokowi.

Di sisi lain, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan bahwa Hari Santri yang ditetapkan Pemerintah pada tahun 2015 adalah penghargaan atas perjuangan para pendahulu dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

Menurut Menag, Hari Santri tidak terlepas dari Resolusi Jihad yang dikumandangkan Hadratus-syekh KH Hasyim Asy’ari agar para kiai dan santri ikut berjuang dalam memerdekakan negeri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *