DPR Sambut Baik Kehadiran Vaksin Zifivax

  • Whatsapp
ILUSTRASI. Pencari suaka mendapatkan vaksinasi Covid-19 Sinopharm di GOR Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/10). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyambut baik kehadiran vaksin Covid-19 jenis Zifivax yang telah mendapatkan izin penggunaan atau emergency use authorization (UEA) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Komisi IX menyambut baik vaksin Zifivax, dengan adanya tambahan vaksin ini dapat mempercepat penanggulangan Covid-19 di tanah air,” ujar Rahmad kepada wartawan, Jumat (8/10).

Bacaan Lainnya

Adapun, pemerintah telah bekerja keras dengan mempercepat program vaksinasi ke masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Tercatat, vaksinasi sudah menembus angka dua juta suntikan dalam sehari sebagaimana disampaikan pada 29 September 2021.

Legislator Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menyatakan, adanya penambahan vaksin baru Zifivax ini akan menumbuhkan semangat dan optimisme dalam rangka penanggulangan Covid-19. Terlebih efikasi dari vaksin Zifivax sebesar 81,71 persen.

“Dengan adanya vaksin ini (Zifivax-Red), proses vaksinasi yang sudah berjalan dan tengah gencar dilaksanakan pemerintah, sambil menunggu vaksin Merah Putih ada tambahan bagi percepatan vaksinasi ke masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, pemberian EUA kepada Vaksin Zifivax dilakukan setelah melakukan pengkajian intensif bersama Tim Komite Nasional Penilaian Khusus Vaksin Covid-19 dan ITAGI terkait keamanan, efikasi dan mutu vaksin.

Vaksin Zifivax menggunakan platform rekombinan protein sub-unit. Artinya, platform vaksin tersebut diambil dari spike glikoprotein atau bagian kecil virus yang akan memicu kekebalan tubuh saat disuntikkan ke tubuh manusia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *