Alasan Tilang Manual Ditiadakan, Korlantas : Kedepankan Pendekatan Edukasi

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan/Net

JAKARTA — Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengambil kebijakan untuk meniadakan tilang manual. Keputusan ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, tertanggal 18 Oktober 2022, yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dikatakan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, meskipun peniadaan tilang manual diterapkan, tetapi penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas akan tetap dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

Aan menjelaskan penegakkan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan yang ada dan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat serta untuk keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan.

Untuk penegakan hukum, kata Aan menjelaskan, penyelesaian penegakkan hukum ada dua cara yaitu secara justitia dan non justitia. Dengan pengertian, justitia sebagai penyelesaianya melalui proses hukum sampai vonis pengadilan atau tilang.

“Sedangkan non justitia yaitu penegakkan hukum dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya patuh dan taat terhadap peraturan per undang undangan untuk perlindungan dan keselamatan masyarakat sendiri, memberikan sosialisasi, teguran kepada para pelanggar dan lain-lain,” kata Aan dalam keterangannya, Sabtu (22/10).

Menurutnya penegakkan hukum tidak harus dengan tilang. Aan mengatakan, Korlantas Polri lebih menekankan langkah edukatif agar masyarakat mengerti pentingnya keselamatan lalu lintas.

Sesuai arahan Kapolri 2-3 bulan k edepan Korlantas Polri akan melakukan kegiatan operasi simpatik dengan mengutamakan penegakkan hukum yang lebih pada pendekatan non justitia, dengan memberikan edukasi, di samping tetap memaksimalkan penegakkan hukum yang berbasis IT dengan ETLE baik statis maupun mobile.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *