Soal Ujian Semester Mapel PJOK, Lukmansyah: Harus Jadi Perhatian

  • Whatsapp
Anggota Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Lukmasnyah

SUKABUMI — Anggota Komisi III DPRD Kota Sukabumi, Lukmansyah angkat bicara soal ulangan Ujian Semester (US) Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Mapel PJOK) yang dinilai kurang efesien hingga menjadi buah bibir di kalangan dunia pendidikan.

“Hal tersebut merupakan kejadian yang bisa saja terjadi di setiap kegiatan ujian. Terlebih mata pelajaran PJOK biasanya pengambilan nilai lebih banyak kepada aspek psikomotorik atau praktek,” ungkap Lukmansyah yang merupakan legislator partai PKS yang juga berlatar belakang seorang guru ini, Jumat (11/6).

Bacaan Lainnya

Lanjut Lukmasyah, terkait banyak kesalahan tentang mapel PJOK dalam soal ujian ini, hal itu disebabkan biasanya akibat kesalahan ketik hingga redaksi yang muncul keliru.

“Bahkan level soal UN dari pusat pun saya sering mendapatkan beberapa kesalahan, baik kesalahan ketik, maupun redaksi. Tetapi saya juga memahami bahwa soal ini ada ketidaktepatan redaksi yang ditulis,” paparnya.

Dari hal ini, ke depan harus menjadi perhatian terkait adanya tim editing soal, yang biasa selalu ada di setiap kepanitian ujian.

Lukmasyah berharap, masalah ini bisa menjadi pelajaran berharga buat semua pihak, terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) dalam pembinaan para guru, terlebih pelatihan dalam penyusunan naskah-naskah soal redaksi bahasanya serta muatan soal sesuai dengan usia peserta didik.

“Terlebih para guru untuk terus mengupgrade kapasitas sebagai seorang yang profesional,” tukasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait