KOTA SUKABUMI

Sisir Masjid, Juleha Edukasi Sembelih Hewan Halal

GUNUNGPUYUH — Juru Sembelih Halal (Juleha) Sukabumi menggelar edukasi dan pelatihan penyembelihan hewan secara baik dan benar sesuai kaidah syarita Islam di Masjid Assabiq Kecamatan Gunungpuyuh, belum lama ini.

Kegiatan perdana ini mendapatkan antusiasme masyarakat dengan diikuti puluhan pemuda dan pengurus DKM dari berbagai daerah di Sukabumi.

Salah seorang pengurus Juleha Sukabumi, Duden Saefullah mengatakan, kegiatan pelatihan terdengar asing di masyarakat, sebab jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal, proses penyembelihan yang baik dan benar ini tentunya akan menentukan dampak yang dikonsumsi, baik dari segi kesehatan jasmani maupun rohani.

” Ya, kalau menyembelihnya baik dan benar sesuai syariat tentunya menjadi halal. Seperti halnya saat Idul Adha, jika tatacaranya salah bisa jatuh tidak sah,” ujar Duden kepada Radar Sukabumi, kemarin (1/6).

Untuk itu, pelatihan ini sangat dinilai penting bagi masyarakat, mengingat akan menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha. Apalagi, saat ini masyarakat minim akan pengetahuan tentang penyembelihan yang baik dan benar sesuai aturan agama Islam.

“Insya Allah kita akan terus menyusuri masjid-masjid untuk memberikan edukasi penyembelihan ini, sehingga kedepan masyarakat bisa mahir dan tentunya sesuai ketentuan syariat Islam,” tambah dia.

Loading...

Tidak hanya itu, kegiatan yang didukung Hanima Foundation dan DKM Assabiq ini pun pun menyediakan pula hewan qurban. Di mana pada program ini, Juleha sendiri membuat program ‘Sukabumi Qurban’.

Program ini adalah usaha pemberdaayan umat yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat secara umum  dan secara khusus untuk membantu para petani domba dan sapi dengan harga yang baik sehingga petani diuntungkan.

Hewan yang dibeli pun dengan kondisi sehat, fisiknya baik, umurnya tercukupi sesuai syariat.

Harga yang dijual lebih ekonomis dan sesuai dengan kebutuhan sohibul qurban (yang akan berkurban,red).

Domba yang dijual pun dengan cara timbang hidup, sehingga harga lebih terjamin dengan bobot yang sesuai dengan budget sohibul qurban.

Tidak hanya itu, jika para  sohibul qurban akan memesannya jauh-jauh hari, pihaknya memberikan gratis perawatan, pengiriman ke lokasi qurban, konsultasi kesehatan hewan kurban dan sembelih hewan qurban di hari H.

Selain memperoleh hewan kurban yang sehat dengan harga yang ekonomis sohibul qurban sudah berperan dalam membantu Hanima Foundation bisa berdaya untuk operasional madrasah imam dan khatib. (why)

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button