Sakawira Kartika Koramil 0607-04 Kota Sukabumi Utara Rekrut Anggota Baru

Koramil 0607-04 Kota Sukabumi Utara
Anggota Sakawira Kartika Koramil 0607-04/Kota Sukabumi Utara melaksanakan penerimaan anggota baru di Pondok Halimun Mess Kabayan Kecamatan Sukabumi, Minggu (10/12).

SUKABUMI — Sakawira Kartika Koramil 0607-04/Kota Sukabumi Utara, menggelar penerimaan anggota baru di Pondok Halimun Kecamatan Sukabumi.

Anggota yang baru masuk bersal dari beberapa sekolah diantaranya, SMKN1, SMKN3, SMK Persada, SMK Pasim dan SMA Negeri 3 Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya masih banyak sekolah SMA lain yang belum ikut bergabung dengan Sakawira Kartika, namun kegiatan ini dilaksanakan karena sudah rutin setiap tahunnya ada perekrutan anggota baru,” ungkap Pamong Sakawira Kartika Koramil 0607-04/Kota Sukabumi Utara, Serma Angga Eka Saputra kepada wartawan.

Eka menjelaskan, Sakawira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

“Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Menurutnya, matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

“Adapun, syarat untuk masuk Sakawira Kartika yakni, mendapat izin orang tua dan pembina gugus depan, sehat jasmani dan rohani, aktif sebagai anggota di gugus depan, taat peraturan, disiplin dan tidak sedang bergabung dengan satuan karya lain,” bebernya.

Sementara, sambung Eka, dalam penerimaan anggota baru Saka Wira Kartika tersebut sebagai pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan, dan perdamaian serta menumbuhkan rasa kebangsaan, berjiwa pancasila dan ber Bhineka Tunggal Ika.

“Selain itu, anggota Saka Wira Kartika akan dibekali dengan materi lima krida seperti, Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang merupakan program pelatihan dari Sakawira Kartika,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *