Petugas Gabungan Kota Sukabumi Siaga Hadapi Bencana, Jelang Nataru

Petugas Gabungan Kota Sukabumi
Kodim 0607/Kota Sukabumi saat menggelar apel siaga bencana di di Lapang Makodim 0607 Kota Sukabumi, Jumat (12/8).

SUKABUMI — Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Kodim 0607/Kota Sukabumi menggelar apel siaga bencana di Lapang Makodim 0607 Kota Sukabumi, Jumat (12/8).

Apel siaga bencana ini, merupakan kolaborasi antara Kodim 0607 Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Badan Pemanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Palang Merah Indonesia (PMI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Bacaan Lainnya

Dandim 0607 Letkol Inf Yudhi Haryanto mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya melakukan mitigasi bencana serta memastikan kesiapan alat dan petugas dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Terlebih, sekarang mulai musim penghujan tentunya potensi kerawanan bencana alam meningkat kita harapkan kita siap. Sehingga pada saat mitigasi bencana dapat berjalan dengan lancar,” kata Yudhi kepada wartawan, Jumat (8/12).

Lanjut Yudhi, dalam apel tersebut dilakukan pengecekan dan pemastian kesiapan peralatan serta penyiapan strategi penanggulangan bencana. Adapun, peralatan yang dilakukan pengecekan seperti, peralatan evakuasi, pakaian pelindung, peralatan darurat medis, serta kendaraan dan peralatan lain yang diperlukan dalam penanggulangan bencana.

“Selain itu, dilakukan juga pemahaman terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing petugas dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.

Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antara berbagai instansi terkait dalam menangani bencana, sehingga penanganan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Petugas-Gabungan-Kota-Sukabumi“Kalau kami cek secara real, siap. Kalau untuk wilayah Kota Sukabumi untuk bencana alam kita sudah melakukan pemetaan memang ada beberapa sungai ataupun bantaran sungai yang rawan terjadi abrasi, mungkin di Cimandiri, Cisuda dan Cipelang kemudian kita juga ada program bersama dengan Polri untuk penghijauan penanaman pohon sehingga kita harapkan tidak terjadi abrasi,” bebernya.

Pihaknya, menghimbau masyarakat untuk selalu siap menjaga kebersihan lingkungan dan memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Kesiapsiagaan masyarakat sangat penting dalam menangani bencana, karena mereka adalah salah satu komponen yang memiliki peran aktif dalam upaya penanggulangan bencana,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *