Petugas Gabungan Kota Sukabumi Pangkas Pohon

pemangkasan pohon di Jalan Arif Rahman
Sejumlah petugas gabungan saat melakukan pemangkasan pohon di Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Warudoyong, Selasa (17/5).

SUKABUMI — Petugas gabungan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PLN dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pemangkasan pohon disepanjang Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Warudoyong, Selasa (17/5).

Kasi Pertamanan DPUTR Kota Sukabumi, Fajar Rahmansyah mengatakan, pemangkasan pohon dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang. Terlebih, saat musim hujan berlangsung.

Bacaan Lainnya

“Pemangkasan pohon rutin dilakukan sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana,” kata Fajar kepada Radar Sukabumi, Selasa (17/5).

Adapun, lanjut Fajar, salah satu pohon yang menjadi prioritas di Jalan Arif Rahman Hakim tersebut yakni, pohon karet munding dengan ranting yang sangat rindang rawan terjadi tumbang. Sebab itu, saat ini pohon tersebut menjadi target pemangkasa.

“Pohon yang sudah ada sejak tahun 1960 ini kondisi rantingnya sudah rindang sehingga perlu dilakukan pemangkasan untuk mengantisipasi tumbang,” bebernya.

Menurutnya, DPUTR Kota Sukabumi setiap triwulan menggencarkan pemangkasan pohon yang ada dibeberapa titik yang rawan tumbang khusunya di Jalan Bhayangkara.

“Di Jalan Bhayangkara ini usianya sudah tua dan dari sekitar 200 pohon yang ada 20 diantaranya rawan tumbang sehingga kami rutin melakukan pemangkasan,” paparnya.

Fajar menambahkan, pemangkasan pohon ini sangat penting dilakukan. Pasalnya, jika turun hujan dikhawatirkan tumbang dan menimpa jaringan milik PLN maupun pengendara yang melintas.

“Sebab itu, saat ini kami melibatkan semua pihak terkait, mulai dari BPBD, DLH hingga PLN,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar