Persempit Pencurian, Warga RW 6 Gedong Panjang Galakan Ronda

  • Whatsapp
Sejumlah warga RW 6, Kampung/Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang,siaga melakukan ronda malam, Senin (19/4).

CITAMIANG — Guna menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban, Rukun Warga (RW) 6 Kampung/Kelurahan Gedong Panjang, Kecamatan Citamiang, menggalakan ronda Ramadhan.

Ketua Rw 06 Telly Nahlu Rizal mengatakan, ronda malam ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masyarakat ke RWan 6 pada bulan suci Ramadhan.

Bacaan Lainnya

“Sebelum bulan Ramadan, sempat terjadi beberapa pencurian seperti, pencurian tanaman hias, tabung gas melon milik pedagang kaki lima yang di simpan digerobaknya hingga dua unit kendaraan motor roda dua jenis matic raib di gondol maling,” kata Telly kepada Radar Sukabumi.

Kerena kerap terjadi pencurian, lanjut Telly, sehingga warga berinisatif menggerakan rondal malam. Terlebih saat Ramadan ini, biasanya tindakan kejahatan meningkat seiring meningkatnya kebutuhan ekonomi. “Biasanya bulan Ramadan tindakan pencurian selalu marak terjadi karena memang kebutuhan ekomoni meningkat,” ucapnya.

Sebab itu, untuk mempersempit ruang gerak para pelaku penjahatan maka warga siaga setiap malamnya. Semua pintu portal akan di kunci pada pukul 11.00 WIB sedangkan petugas ronda malam setiap malamnya di jadwalkan perRT meliputi satu grup tiga orang petugas ronda malam yang di mulai sejak pukul 22.30 WIB hingga waktu sahur.

“Karena memasuki bulan Ramdan pintu portal yang di kunci akan di bukan pukul 03.00 WIB sebelumnya pukul 04.00 WIB,” jelasnya.

Dengan begitu sambung Telly, jika ada warga luar akan memasuki wilayah RW 6 wajib lapor terhadap petugas ronda malam, di setiap pintu portal terdapat petugas ronda untuk meminta izin membuka pintu portal yang di gembok agar di buka dan menjelaskan apa kepentingannya.

“Kami berharap dengan di adakannya siaga ronda malam ini, semoga tidak ada lagi terjadinya pencurian yang dapat merugikan masyarakat,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *