Walikota Sukabumi Bekali Jaminan Rt dan Rw, Anggaran P2RW Naik jadi Rp. 25 Juta

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi saat memberikan jaminan tenaga kerja dan kematian untuk Rt dan Rw se- Kota Sukabumi. Foto:Ist

CIKOLE- Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi akan menaikan anggaran Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di tahun 2022 mendatang. Anggaran yang saat ini sebesar Rp. 20 juta setiap Rukun Warga (RW), kedepan menjadi Rp. 25 Juta.

” Respon masyarakat cukup bagus dan tingkat partisipasi dalam pembangunan sangat tinggi, kami rencana akan naikan di 2022 menjadi Rp 25 juta setiap RW,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi usai menghadiri Launching Rewards P2RW, dan Penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan, untuk para RT dan RW, di Balai Kota Sukabumi kepada Radar Sukabumi, Senin (6/12).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Fahmi semenjak P2RW ini digulirkan, tingkat partisipasi ataupun swadaya masyarakat tergolong sangat tinggi. Sebagai contoh saja, ketika pembangunan yang dibiayai oleh P2RW tidak mencukupi, masyarakat menyiapkan anggaran yang berbasis swadaya. Dan ini sebagai salah satu bukti, bahwa partisipasi masyarakat sangat tinggi.

“Berdasarkan hasil evaluasi di lapangan, ada pembangunan yang dibiayai oleh P2RW tidak cukup, ternyata masyarakat dengan swadayanya mampu menutupi kekuranganya. Dan ini menjadi apresiasi, dana alasan kami, untuk menaikan dana P2Rw di tahun depan tersebut,”ungkapnya.

Disisi lain, Pemkot juga memberikan jaminan kerja dan kematian untuk para RT dan RW. Karena mereka juga sebagai kepanjangan dari pemerintah daerah juga.

“Kita berikan jaminan kematian dan kerja, sehingga para RT dan Rw juga bisa tenang ketika melaksanakan tugasnya. Dan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkot kepada para RT dan RW,”katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, setda Kota Sukabumi, Adrian Hariadi mengungkapkan, jika tahun ini juara pertama diraih oleh RW 10, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong dimana dalam pembangunan jalan lingkungan dengan total anggaran swadaya masyarakat mencapai Rp 83 juta lebih.

“Jadi kami melakukan evaluasi kelapangan untuk melihat progres P2RW,”ujarnya.

Sedangkan mengenai kenaikan dana P2RW tersebut, pihaknya mengungkapkan, jika rencana tersebut memang akan digulirkan pada tahun depan, dimana nantinya masing-masing RW akan menerima sebesar Rp25 juta. Nantinya akan disalurkan dari APBD Kota Sukabumi ke DPA Kecamatan masing-masing.

“Jadi kalau jumlahkan dengan 357 RW se Kota Sukabumi, APBD kita akan menyiapkan sekitar Rp 8 miliar lebih untuk P2RW tahun depan,”pungkasnya. (bal)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *