Pemerintah Kota Sukabumi

Peringati Haornas, Walikota Ajak Gelorakan Olahraga

SUKABUMI – Peringatan Hari olahraga nasional (Haornas) ke 36 tingkat Kota Sukabumi tahun 2019 berlangsung meriah, kemarin (29/9). Kegiatan yang difokuskan di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi ini, diikuti ribuan warga dari berbagai kalangan dengan mengikuti senam bersama dan melihat penampilan para pelaku olahraga serta pelaku seni.

Hadir dalam kegiatan itu, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, Pimpinan DPRD Kota Sukabumi sementara Momi Soraya, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, Wakapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman.

Selain itu hadir pula Ketua KONI Kota Sukabumi Haickel Reza Balfas, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORMI) Sukabumi Indra Wiguna serta para pengurus pengcab olahraga.

Dalam kesempatannya, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengajak, seluruh lapisan masyarakat agar menghidupkan kembali gemar olahraga. Menurut dia, Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, terlebih olahraga tidak hanya dilakukan di fasilitas yang tersedia.

”Mari sama-sama laksanakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat secara rutin dan teratur karena olahraga kebutuhan dan gaya hidup di Sukabumi,” ujar Fahmi disela-sela upacara peringatan Haornas ke ke 36 tingkat Kota Sukabumi.

Ditambahkannya, Olahraga tidak hanya jasmani melainkan rohani, di mana kesehatan jasmani dan rohani harus terbangun untuk meyukseskan kebijakan pusat yakni revolusi mental. Untuk itu, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) diminta pada Haornas 2020 dapat menunjukkan capaian prestasi olaraga meningkat.

Kedua optimaliasi pembudayaan olahraga sesuai Inpres Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Permenpora Nomor 138 tahun 2017 tentang gerakan ayo olahraga.

“Saya juga berharap pada Haornas 2019 ini menjadi momen kebangkitan olaharga di Sukabumi,” tambahnya.

Fahmi mengaku, saat ini Pemda sedang membangun sport center sementara di 10 titik. Harapannya, fasilitas tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin oleh warga.

“Kita pun sedang mengebut pengerjaan¬† GOR Merdeka agar cepat diselesaikan. Pembangunan dan GOR dapat digunakan dapat digunakan tahun ini,” akunya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Sukabumi Haickel Reza Balfas, mengatakan peringatan Haornas ini menjadi hajat akbar insan olahraga. Di mana peringatan tersebut harus menjadi momentum kebangkitan olahraga khususnya di Kota Sukabumi.

Tidak hanya itu, peringatan Haornas sendiri sebagai ajang apresiasi kepada para pelaku dan insan olahraga. “Semoga prestasi olahraga di Kota Sukabumi semakin lebih baik dari berbagai kejuaraan,” ujar Haickel.

Ia menambahkan, pada peringatan Haornas 2019 ini, pihaknya mengajukan 11 orang pelaku dan insan olahraga yang berprestasi. Mulai dari atlet, pelatih, penggerak olahraga hingga jurnalis olahraga berprestasi.

“Kalau dari KONI sendiri ada 11 orang dan ada dari FORMI sebanyak empat orang. Total yang menerima penghargaan semuanya 15 orang,” pungkasnya. (why)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button