Pemkot Sukabumi Optimalisasi Hibah dan Bansos Targetkan Pemulihan Ekonomi

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Wakil Walikota Sukabumi, Andri Hamami saat menyampaikan arahan dalam Rakor Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam.

RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kota Sukabumi akan melakukan optimalisasi Pengelolaan dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) tahun anggaran 2021 untuk pemulihan ekonomi Kota Sukabumi.

Hal tersebut dikatakan Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam menyampaikan arahan dalam Rakor Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Rabu (28/4).

Bacaan Lainnya

“Seiring perubahan aturan keuangan daerah menyebabkan sistem pengelolaan keuangan daerah menjadi sangat ketat dan harus dikelola dengan baik,” ujar Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Proses pengelolaan daerah beradaptasi dengan aturan baru termasuk pengelolaan hibah dan bansos yang dulu tersentralisasi di Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Namun sekarang tersebar ke semua SKPD sejumlah 21 dan ini membutuhkan kesiapan semua.

Baik dari sisi keilmuan karena baru tahun ini hibah bansos diserahkan ke setiap SKPD seperti proses pencairan dan pertanggungjawaban. Kedua butuh kehati-hatian hibah dan bansos agar sesuai hukum. Rakor ini dalam menyamakan persepi hibah dan bansos pencairan dan perencanaan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Hibah bansos dalam kerangka mendukung pemulihan ekonomi baik daerah lembaga, yayasan institusi dapat hibah bansos membelanjakan hibah bansos, “ungkapnya.

Semangatnya hibah bansos di triwulan kedua sudah selesai sehingga terjadi perputaran uang dalam percepatan ekonomi berjalan. Di sisi lain kata Fahmi, belanja hibah ini bertujuan untuk pencapaian visi misi mendukung fungsi pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan.

Sementara Bansos bagaimana berupaya meminimalisir kerawanan sosial, resiko sosial seperti kemiskinan. (bal/*)

Pos terkait