Pemkot Sukabumi Komitmen Lestarikan Budaya Lokal

  • Whatsapp
Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi saat menghadiri peringatan Hari Wayang Nasional Tahun 2020 di PEPADI di Jalan Tata Nugraha Kampung Ciwaringin RW 06 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros.

SUKABUMI — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, terus berupaya melestarikan budaya lokal salah satunya wayang golek. Pasalnya, nilai historis, filosopis dan sosial budaya yang disampaikan melalui wayang akan memberikan pendidikan karakter terbaik untuk generasi muda.

Untuk itu, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi meminta para pelajar, mulai darui SD hingga SMA wajib mencintai budaya lokal salah satunya wayang.

Bacaan Lainnya

“Generasi muda yang melakukan kegiatan tidak sesuai aturan dan karakter salah satunya akibat tidak memahami nilai historis, filosopis, dan sosial budaya setempat. Karena itu, pelajar SD dan SMA harus mencintai budaya lokal,” kata Fahmi saat menghadiri peringatan Hari Wayang Nasional Tahun 2020 di Sekretariat Persatuan Pawayangan Dalang Indonesia (PEPADI) Kota Sukabumi di Jalan Tata Nugraha Kampung Ciwaringin RW 06 Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, belum lama ini.

Lanjut Fahmi, dalam melestarikan seni budaya lokal ini menjadi tugas bersama baik pemda, seniman dan budayawan dalam menyampaikannya. ”Tentunya dalam melestarikan seni budaya lokal ini menjadi tugas bersama sehingga perlu adanya kerjasama yang terjalin harmonis,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PEPADI Kota Sukabumi, Dedi Suryadi mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati hari wayang nasional.

“Di mana acara ini menampilkan pementasan wayang dengan melibatkan seniman dan Pemkot Sukabumi,” ujarnya.

Dedi berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan saat ini bisa menjaga dan melestarikan budaya lokal di Kota Sukabumi. “Mudah-mudahan generasi muda saat ini bisa mencintai budaya sendiri salah satunya wayang,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *