Pemkot Sukabumi Genjot Kelana dan Dekelana

Bappeda Kota Sukabumi
Sejumlah peserta saat mengikuti Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan dan Desa/Kelurahan Layak Anak (Dekelana) di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Rabu (1/6).

SUKABUMI — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, berupaya menggencarkan sosialisasi Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan dan Desa/Kelurahan Layak Anak (Dekelana).

Hal ini, dilakukan guna mendorong kecamatan dan kelurahan agar memenuhi indikator sebagai kota layak anak sehingga, setiap kecamatan dan kelurahan mampu memberikan hak dan perlindungan kepada anak dengan baik.

Bacaan Lainnya

Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah mengatakan, saat ini Bappeda serius dalam mewujudkan kota layak anak agar diterapkan di wilayah mulai kecamatan dan kelurahan.

“Lewat sosialisasi Kelana dan Dekalana ini mampu memberikan pemahaman kepada para camat dan lurah dalam mendorong terwujudnya kota layak anak,” kata Reni kepada wartawan, belum lama ini.

Nantinya, lanjut Reni, camat dan lurah akan dilakukan evaluasi sejauh mana pelaksanaanya di lapangan. ”Sosialisasi kelurahan layak anak dan kecamatan layak anak sebagai support system untuk mendukung Sukabumi sebagai kota layak anak, ” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, sebelumnya Kota Sukabumi mendapatkan Penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dengan peringkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Sosialisasi dilakukan Bappeda dalam memotivasi lurah dan camat melakukan percepatan menjadi kelurahan dan kecamatan layak anak. Khususnya dalam memenuhi beberapa indikator kota layak anak,” ucapnya.

Fahmi berharap, sejak sekarang disiapkan indikator tersebut agar menjadi wilayah layak anak. Layak anak ini, ditentukan dari hubungan komunikasi keluarga karena keluarga yang baik melahirkan anak yang luar basa.

”Dari ayah dan ibu hebat akan lahir anak luar biasa. Sebab keluarga pilar utama melahirkan anak terbaik. Intinya keluarga harus jadi teladan dan insya Allah akan lebih mudah mengajak anak menjadi teladan,” pungkasnya. (bam/radarsukabumi)

Bappeda Kota Sukabumi
Sejumlah peserta saat mengikuti Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan dan Desa/Kelurahan Layak Anak (Dekelana) di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Rabu (1/6).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar