Kelurahan Benteng Ajukan 81 Rutilahu

  • Whatsapp
Kantor Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong

KOTA SUKABUMI – Masih banyaknya rumah tidak layak huni (Rutilahu), membuat Pemerintah Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, sigap untuk mengajukan pembangunan salah satunya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi.

Lurah Benteng, Tri Hastuti mengatakan, pada tahun ini Kelurahan Benteng mengajukan sebanyak 81 unit Rutilahu untuk tahun anggaran 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Setiap tahunnya kami selalu mengajukan Rutilahu baik melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat,” kata Tri saat disambangi Radar Sukabumi di ruang kerjanya, Senin (7/6).

Tidak dipungkiri, lanjut Tri, hingga saat ini masih banyak Rutilahu yang membutuhkan uluran tangan pemerintah.

“Karena itu, kami tidak hentinya berupaya mengajukan. Tapi, untuk tahun ini belum ada informasi bantuan pembangunan. Kalau dari 2019 sampai 2020 jumlah Rutilahu yang sudah diperbaiki mencapai 155 unit,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat beberapa kriteria Rutilahu yang menjadi skala prioritas pengajuan. Misalnya saja, rumah yang kondisinya sudah benar-benar rusak sehingga membahayakan keselamatan penghuni, memiliki lahan sendiri dan beberapa kriteria lainnya.

“Kami akan memprioritaskan rumah yang memang kondisinya sudah rusak parah,” imbuhnya.

Namun, sabung Tri, saat ini kebanyakan masyarakat yang memiliki Rutilahu itu tidak mempunyai lahan sendiri sehingga sulit mendapatkan bantuan.

“Ya, memang yang menjadi kendala saat ini banyak warga yang tinggal di lahan orang lain sehingga ketika mau diajukan tidak bisa karena harus memiliki tempat sendiri,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait