Cegah Banjir, Kelurahan Warudoyong Sukabumi Ajak Bersihkan Sampah

Kelurahan Warudoyong
Kasi Trantib Kelurahan Warudoyong dan Babinkamtibmas bersama warga saat membersihkan sampah.

SUKABUMI – Pemerintah Kelurahan/Kecamatan Warudoyong mengajak warga mengantisipasi banjir di wilayahnya dengan membersihkan sampah di selokan, Jumat (16/9).

Kasi Pemerintahan dan Trantibum Kelurahan Warudoyong Kota Sukabumi, Rizal Safari mengatakan bahwa di musim hujan sekarang ini hal ini penting dilakukan agar wilayahnya terbebas dari banjir.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan bersih-bersih ini rutin kami lakukan, karena selain mengantisipasi banjir juga mengantisipasi penyebaran bibit penyakit,” ungkapnya pada Radar Sukabumi.

Rizal juga mengatakan beberapa titik yang rawan sampah berada di jalur perbatasan wilayah Warudoyong dengan Kelurahan Nyomplong. Ia juga mengatakan kesadaran masyarakat masih sangat minim untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Masyarakat masih saling andalkan dan saling salahkan, maka dari itu kami beserta Babinsa dan Babinmas turut serta mengedukasi masyarakat dan mengajak mereka untuk membuang sampah pada TPS yang sudah di sediakan,”papar Rizal.

Kasi Trantib Kelurahan warudoyong ini juga membeberkan beberapa upaya yang sudah di lakukan untuk pengendalian sampah yang selama ini menjadi masalah salah satunya dengan pemasangan spanduk himbauan.

“Setelah di pasang spanduk kesadaran masyarakat lumayan ada perubahan, selain itu kami juga mengajak Ketua RT dan RW untuk sama-sama menjaga,” sambungnya.

Rizal menambahkan bahwa banjir adalah bencana yang bisa datang kapan saja, terlebih jika masyarakat masih belum sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai dan selokan.

Ia pun mengaku sudah berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan petugas sampah untuk tidak membiarkan sampah di TPS menumpuk.

“Sekali lagi kami menghimbau masyarakat hususnya di Kelurahan Warudoyong untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya, agar lingkungan sehat dan bebas dari banjir,”pungkasnya. (cr3/t)

Kelurahan Warudoyong
Kasi Trantib Kelurahan Warudoyong dan Babinkamtibmas bersama warga saat membersihkan sampah.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.