Kecamatan Lembursitu

Warga Cikundul Disuluh Tentang Kesehatan Jiwa Program TMMD Sukabumi

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sebanyak puluhan masyarakat mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan oleh Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0607/Kota Sukabumi di Puskesmas Cikundul, Jalan Merdeka, Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi pada Selasa (16/7/2019).

Tentunya kegiatan ini selain pembangunan fisik berupa jalan dan jembatan yang terfokus di kampung Tegalpanjang, cikundul. Sebagai pemateri utama, pihak Satgas TMMD menghadirkan dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

“Materi kali ini memberikan penyuluhan masalah kesehatan jiwa masyarakat, yaitu masalah yang menyangkut penyakit masa lalu sekarang dan yang akan datang dapat mengenai siapapun,” kata Pasiter Kodim 0607/Kota Sukabumi Kapten Arm Mahtom Tohari.

Berdasarkan materi tersebut, dia mengatakan bahwa tidak ada masyarakat dan budaya yang bebas dari potensi terjadinya gangguan jiwa. Kendatipun pada kenyataanya banyak yang mengingkari dan menolak untuk mengetahui dan tidak mau tahu akan penyakit gangguan jiwa tersebut.

“Hal ini disebabkan karena pergeseran nilai nilai, strees, masalah psikososial, kepribadian, keluarga dan orangorang tua yang over protektif. Definisinya adalah rasa hina yang timbul karena menyandang penyakit yang secara sosial memalukan,” ujar dia.

Materi ini dianggap perlu dilakukan karena salah satu problem utama masyarakat di Kota Sukabumi adalah berkaitan dengan hal ini. Sehingga upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi penyakit ini melalui penyuluhan pada masyarakat tentang kesehatan jiwa oleh semua stakeholder.

“Masyarakat harus proaktif memberikan informasi tentang peyimpangan perilaku kepada pihak yang berwenang. Memberikan hukuman sosial kepada pelaku. Dan mendidik anak untuk berperilaku sopan santun dan menjauhi perilaku menyimpang,” tegasnya.

(izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button