Kelurahan Gedong, Realisasikan Pembangunan Fisik dan non Fisik

  • Whatsapp
Pelatihan Linmas yang melibatkan anggota Linmas se-Kelurahan Gedong Panjang dan 25 peserta dari Wanita Linmas Kreatif Cepat (Wali Kece)

RADARSUKABUMI.com – Sebanyak satu kegiatan fisik, sembilan kegiatan non fisik pemberdayaan, dan sejumlah pengadaan dilaksanakan pihak Kelurahan Gedong Panjang Kecamatan Citamiang.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Realisasi Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Gedong Panjang dimanfaatkan untuk satu pembangunan fisik, sembilan pembangunan non fisik, dan sejumlah pengadaan. Untuk pembangunan fisiknya, Lurah Gedong Panjang, Bunyamin, S.Sos menerangkan membangun sarana dan prasarana posyandu di RT 004 RW 02.

Menurutnya, tanah untuk pembangunan posyandu di lokasi tersebut diperoleh dari tanah hibah seorang warganya beranama mantri Asep dengan luas 4m x6m. “Kini, pembangunan posyandu di RT 004 RW 02 hampir selesai. In syaa Allah akhir Desember sudah selesai,”tuturnya optimis.

Sementara itu, untuk pembangunan non fisik, lurah yang juga diperkuat Sekretaris Kelurahan Gedong Panjang, Wenny N, SE menyebutkan, kegiatan non fisik yang dibiayai dari Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Gedong Panjang yaitu :

  1. Pertama, kegiatan dan pembinaan serta lomba Administrasi RT/RW yang diikuti 36 RT/RW dengan pemateri dari Dinas Dalduk Casip dan Tapem.
  2. Kedua, “pengembangan usaha mikro kecil dan menengah,”katanya. Pelatihan pengembangan ini menampilkan materi dari tata boga dengan pembina LKP Murni dan materi tata rias dari Fanbo.
  3. Ketiga, pembinaan anggota Linmas sebanyak 63 peserta dengan nara sumberdari Pol PP, babinsa, dan babinkamtibmas.
  4. Keempat, melaksanakan lomba dan pembinaan Trantibum dengan yang diikuti oleh sebanyak 50 peserta.
  5. Kelima, ” menyelenggarakan Bimtek kader Posyandu dan Posbindu yang diikuti sebanyak 75 peserta,”katanya.
  6. Keenam, menyelenggarakan Bimtek Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dikuti 115 peserta. Pematerinya dari pihak Puskesmas Gedong Panjang.
  7. Ketujuh, melaksanakan kegiatan kemasyarakatan, seperti RW Siaga Aktif diikuti 50 peserta, lalu bidang fisik dengan 45 peserta dengan pemateri LPM, dan pelatihan kesiapsiagaan bencana diikuti 50 peserta dengan pemateri dari BPBD Kota Sukabumi.
  8. Kedelapan, Bimtek PKK dengan nara sumber TP PKK Kota Sukabumi yang diikuti oleh 100 peserta.
  9. Kesembilan, sosialisasi persampahan dan evaluasi pembuangan sampah yang diikuti oleh 65 peserta dengan nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi.

Pihak Kelurahan Gedong Panjang juga melakukan pengadaan pemberian tong sampah sebanyak lima unit dan dua unit gerobak sampah, 20 pentungan untuk Linmas dan 21 buah senter. (*)

Kedisiplinan Prioritas Utama

Lurah Gedong Panjang, Bunyamin, S.Sos senantiasa mengutamakan kedisiplinan. Salah satunya dengan membiasakan apel pagi di Kelurahan Gedong Panjang.

Baginya, dengan menegakan kedisplinan pada akhirnya akan membantu dan melayani masyarakat dengan baik.

Kedisiplinan, imbuhnya, juga dapat diterapkan dalam memberi contoh kepada masyarakat termasuk memberi senyuman (keramah tamahan) dalam pelayanan kepada masyarakatnya. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *