59.118 Anak di Kota Sukabumi Sudah Kantongi KIA

Disdukcapil Kota Sukabumi
Disdukcapil Kota Sukabumi

CIKOLE– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi, berupaya terus menggenjot capaian Kartu Identitas Anak (KIA). Alhasil, 59.118 anak usia 0-17 tahun sudah mengantongi KIA.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi Tantan Hadiyansah mengatakan, saat ini capaian sudah melampaui target nasional sebesar 50 persen anak usia 0-17 tahun. “Saat ini 60,27 persen anak usia 0-17 tahun sudah memiliki KIA,” kata Tantan kepada wartawan, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, Disdukcapil bakal tetap mengakselerasi layanan kepemilikan KIA. “Kami akan berkirim surat ke TK atau PAUD serta SD terkait permintaan kolektif pembuatan KIA,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Sukabumi Rita Rosita menambahkan, dalam menggenjot cakupan kepemilikan KIA ini, Disdukcapil berupaya jemput bola pelayanan juga dilakukan berbarengan dengan program siap jemput bola pelayanan lengkapi identitas kependudukan (Si Jempol Lentik) di wilayah.

“Selain itu dalam layanan di posyandu dan program pemberdayaan rukun warga atau P2RW,” bebernya.

Nantinya, program akeselerasi KIA dilakukan per kecamatan sehingga akan lebih fokus dalam menyisir anak yang belum memperoleh KIA. “Semoga dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil signifikan,” pungkansya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *