Paiman Serahkan Kukang ke-PPSC Nyalindung

Seekor kukang saat diserahkan warga Kampung Tegal Wangi, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong kepada PPSC Nyalindung.

WARUDOYONG — Paiman (52) warga Kampung Tegalwangi, RT 4/2, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong menyerahkan hewan dilindungi jenis Kukang kepada Pusat Penyelamatan Satwa Liar Cikananga (PPSC) atau Cikananga Wildlife Center Nyalindung Kabupaten Sukabumi.

Penyerahan salah satu spesies primata bernama lain Nycticebus ini dilakukan setelah Paiman menemukannya di sebuah pohon sirsak pada Minggu (9/8) malam.

Bacaan Lainnya

Saat itu Kukang tersebut terjatuh dan hendak diselamatkan. Alih-alih akan menangkapnya, Paiman malah digigit dan sempat pingsan sehingga harus menjalani perawatan medis di medis di RSUD Syamsudin SH.

“Setelah tergigit sih tidak berasa. Tapi, waktu saya mau pergi mancing tiba-tiba saja meriang sampai akhirnya terjatuh dan tidak sadar,” kata Paiman kepada wartawan, Senin (10/8).

“Namun setelah mendapatkan dua kali suntikan, kondisi kesehatan mulai membaik dan saya diperbolehkan pulang pagi harinya,” tambahnya.

Sementara itu , Adik Kandung Paiman, Afkar mengaku, sebelumnya tidak mengetahui binatang tersebut dilindungi. Namun, setelah mengetahui dari warga sehingga memutuskan untuk mengamankannya.

“Sebelumnya kami tidak mengetahui Kukang itu merupakan hewan yang dilindungi. Tapi setelah tahu kami akan menyerahkannya kepada PPSC untuk dilepas liarkan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, dengan penyerahan hewan tersebut dapat membatu dalam melestarikannya. Ia pun menyadari Kukang ini memang sudah hampir langka sehingga perlu jaga oleh semua pihak.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap binatang yang hampir punah. Mudah-mudahan hal ini bisa dicontoh oleh warga lainnya,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.