Memasuki Musim Hujan, BPBD Kota Sukabumi Getol Mitigasi Bencana

BPBD Kota Sukabumi
Sejumlah personel BPBD Kota Sukabumi saat melakukan bersih-bersih sungai di wilayah kerjanya, Jumat (3/11).

SUKABUMI — Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi terus menggencarkan mitigasi bencana.

Kali ini, petugas bersama warga melakukan bersih-bersih di Kelurahan/Kecamatan Cikole dan Kelurahan Cipanengah Kecamatan Lemburistu, Jumat (3/11).

Bacaan Lainnya

Kalak BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir limpasan serta longsor.

“Kegiatan ini meliputi mengangkat sendimen sungai yang terjadi pendangkalan, membersihkan sampah yang ada di aliran sungai tersebut serta membabat rumput-rumput yang ada di bibir sungai,” kata Novian kepada wartawan, Jumat (3/11).

Novian menjelaskan, kegiatan bersih-bersih sungai ini dapat mengurangi risiko terjadinya banjir dan longsor di wilayah tersebut, khususnya saat musim hujan.

“Selain itu, kami juga mengimbau masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan sungai dan lingkungan, agar bencana alam dapat dicegah,” bebernya.

Ia menambahkan, BPBD Kota Sukabumi akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti aparat kelurahan dan masyarakat setempat, untuk mengantisipasi dan menangani potensi bencana akibat musim hujan.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan mengikuti informasi perkembangan cuaca dari pihak berwenang,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai upaya yang terus dilakukan dapat meminimalisir terjadinya banjir saat turun hujan.

“Semoga dengan upaya ini bisa mengantisipasi bencana alam banjir. Terlebih, saat ini sudah memasuki musim hujan,” pungkasnya. (Bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *