Damkar Kota Sukabumi Catat 80 Kejadian Kebakaran Hingga Awal November 2023

Kebakaran Kota Sukabumi
Sejumlah petugas Damkar Kota Sukabumi, saat melakukan pemadaman kebakaran di salah satu lahan di wilayah Lembursitu

SUKABUMI – Selama bulan Januari hingga awal November 2023, tercatat ada sebanyak 80 kasus kebakaran di Kota Sukabumi. Dari jumlah tersebut kebanyakan adalah kebakaran lahan.

“Kejadian tersebut didominasi oleh kebakaran lahan yang cukup sering terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Terutama terjadi di bulan Oktober 2023 lalu.” ujar Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi, Ujang Rustiawandi, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Kondisi ini terang Ujang, tidak terlepas dari musim kemarau yang masih melanda hingga saat ini. Akibatnya menyebabkan potensi kebakaran meningkat di wilayah. Di sisi lain Ujang menuturkan, dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal, bidang Damkar dan Penyelamatan telah mengajukan peremajaan mobil pemadam kebakaran.

Hal ini karena kendati mobil yang dimiliki saat ini masih bisa difungsikan, tetapi usianya sudah tua dan menelan banyak biaya dalam pemeliharaannya.

“Untuk sementara alhamdulillah masih bisa melayani, tapi ada pengajuan peremajaan kendaraan. Sebab kendaraan yang dimiliki damkar dinilai sudah tua dan terlalu banyak biaya pemeliharaannya,” terang dia.

Ujang berharap, pengajuan peremajaan mobil pemadam kebakaran dapat diwujudkan karena hal ini berkaitan dengan layanan pemerintah kepada masyarakat.

“Kami sudah pengajuan untuk pengadaan mobil, apakah ada anggarannya seperti itu intinya, tiap pemerintah kalau ada anggaran mungkin akan diprioritaskan, “jelasnya. Upaya ini sambung Ujang, tiada lain untuk pelayanan kepada masyarakat. Sebab keberadaan damkar sangat dibutuhkan untuk menangani kebakaran. (*/why)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *