Mahasiswa Sukabumi Pertanyakan Fungsi Pengawasan Dewan

  • Whatsapp
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi saat melakukan hearing dengan anggota DPRD Kota Sukabumi, kamis, (5/11).

RADARSUKABUMI.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi meminta kepada seluruh anggota DPRD Kota Sukabumi untuk lebih meningkatkan fungsi pengawasannya. Terutama terhadap kinerja-kinerja pemerintah yang saat ini perlu ditingkatkan.

 “Saat ini fungsi pengawasan masih lemah terhadap kinerja pemerintah,”ujar Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Cabang Sukabumi Galih Diswara, usai melakukan hearing dan silaturahmi ke tiga Komisi DPRD Kota Sukabumi. kamis, (5/11).

Bacaan Lainnya

Namun dari sisi kinerja kata Galih, semua anggota DPRD sudah tergolong bagus, meskipun masih perlu peningkatan yang lebih.

 “Makanya dalam silaturahmi ini, Kami mendorong dewan bisa bekerja lebih keras, sehingga pembangunan di Kota Sukabumi bisa berjalan dengan baik, “terangnya.

Dalam agenda ini juga HMI menyampaikan permasalahan- permasalahan serta kinerja yang harus dilakukan oleh anggota DPRD tersebut.

Dicontohkannya, untuk Komisi I, HMI meminta agar mereka menyoroti bagian kepegawaian, jangan sampai ada kekosongan jabatan dan rangkap jabatan yang terlalu lama.

Sehingga kata Galih, dalam progres penyerapan anggaran atau program yang dilakukan oleh pemerintah daerah ini terhambat.

Hal ini dibuktikan dengan dikembalikannya anggaran ke kas negara yang terjadi di tahun kemarin.

 “Ini bukti tidak mampunya pemerintah dalam menyerap anggaran yang disediakan oleh negara, “tandasnya.

Untuk Komisi II sendiri pihaknya meminta, agar pembangunan di Kota Sukabumi searah dengan visi misi Walikota, termasuk sesuai dengan harapan masyarakat.

 “Sedangkan untuk Komisi III sendiri kami fokus terhadap dunia pendidikan. Bagaimana pendidikan di Kota Sukabumi bisa menjadi lebih baik, apalagi di masa pandemi ini. Seperti kurikulum darurat ini harusnya lebih cepat digunakan di Kota Sukabumi, “tegasnya.

Sementara itu salah Pimpinan hearing Gagan Rachman Suparman mengungkapkan, jika hearing ini merupakan ajang silaturahmi. Termasuk semua anggota dewan juga perlu adanya masukan-masukan dari kalangan mahasiswa.

 “Kami sangat terbuka dan memberikan ruang jika ada aspirasi yang ingin disampaikan oleh mahasiswa,”ungkap ketua Komisi III tersebut.

Mengenai kurangnya fungsi pengawasan, Gagan menjelaskan, bahwa semua dewan sudah melakukan sesuai dengan fungsinya, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Cuman kata Gagan,harus dimaklumi juga di masa pandemi ini, semuanya serba terbatas.”Kami semuanya sudah melakukan fungsinya dengan baik,”pungkasnya. (bal)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *