KPU Kota Sukabumi Gencarkan Sosialisasi Pendidikan Pemilih

Ratna Istiana
Komisioner KPU Kota Sukabumi, Ratna Istiana

SUKABUMI– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi akan melakukan sosialisasi secara intensif mengenai pendidikan pemilih. hal itu dilakukan dalam upaya mewujudkan pemilih yang berdaulat dan cerdas.

Komisioner KPU Kota Sukabumi, Ratna Istiana mengatakan, tugas KPU itu bukan hanya mensosialisaikan tahapan pemilu, tetapi melakukan sosialisasi mengenai pendidikan pemilih, salah satunya untuk menghasilkan value nilai bagaimana nanti si pemilih itu menjadi pemilih yang cerdas. ketika memilih itu bukan hanya sebatas ajakan ataupun pressure.

Bacaan Lainnya

“Jadi sosialisasi pendidikan pemilih ini dilakukan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjadi pemilih yang cerdas, bagaimana menentukan pilihannya dilihat dari figur dan visi misinya,” ujar Ratna Kepada Radar Sukabumi, Kamis (1/12).

Masih kata Ratna, adapun tiga kategori perilaku pemilih, yang pertama adalah perilaku pemilih sosiologis, ketika pemilih itu ditentukan oleh Asal ataupun agamanya, yang kedua, pemilih psikologis perilaku psikologis ini tergantung dari kekerabatannya ataupun orangtuanya, kemudian yang ketiga pemilih rasionalis, pemilih berdasarkan visi misi figur.

“Jadi kegiatan sosialisasi ini nanti akan menyasar, ke sekolah, kampus, lapas, kelompok marginal, dan disabilitas, untuk menjadi pemilih yang cerdas, karena mereka yang bakal menetukan kualitas pemimpin di masa yang akan datang,” sambungnya.

Apalagi sambung dia, nanti akan menyongsong bonus demogrofi, potensi peran milenial ini sangat penting dan sangat mennetukan. Kemudian mereka itu harus di berikan pendidikan pemilih atau pendidikan politik, supaya mengunakan hak pilihnya dengan baik.

“Dengan melakukan slosasi pendidikan pemilih, khususnya ke milenial atau pun pemilih pemula, untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik,” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait