Jaring Bibit Atlet, Disporapar Kota Sukabumi Gencar Bimtek Antropometri

Disporapar Kota Sukabumi
Kabid Olahraga Disporapar Kota Sukabumi, Ganjar Ramdani Saputra beserta para guru olahraga dan pemateri

SUKABUMI — Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi, mendorong implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON) dengan menyelenggaraka Bimbingan Teknis (Bimtek) antropometri terhadap peserta didik usia 9 sampai 13 tahun di GOR Merdeka Kota Sukabumi, belum lama ini.

Kabid Olahraga Disporapar Kota Sukabumi, Ganjar Ramdani Saputra mengatakan, penyelenggaraan Bimtek antropometri ini sebagai salah satu upaya Disporapar dalam menjaring bakat olahraga pelajar usia belia mulai pelajar yang masih duduk di bangku SD atau maksimal duduk di bangku SMP.

Bacaan Lainnya

“Bimtek ini, nantinya akan digunakan oleh Guru Pendidikan Jasmani dalam naungan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) untuk mengidentifikasi antropometri peserta didiknya,” kata Ganjar kepada wartawan, Kamis (15/9).

Lanjut Ganjar, data yang diperoleh nantinya bakal dihimpun dalam data base online dan dapat di akses Tim Pemanduan Bakat DBON. “Bukan hal yang mudah untuk menemukan anak yang memiliki potensi untuk dibina menjadi atlet. Sebab itu, diperlukan upaya sistematis, bertahap dan terukur,” ujarnya.

Karena itu, langkah awal yang dapat dilakukan yakni mencari dan menemukan anak yang secara anatomis memiliki ukuran tubuh atau antropometri yang memadai dan memenuhi kriteria untuk digembleng menjadi atlet.

“DBON ini merupakan kerja besar yang memerlukan dukungan sistem secara komprehensif, dari hulu pembinaan hingga ke hilir pencapaian prestasi,” bebernya.

Ganjar menjelaskan, hulu pembinaan misalnya merupakan titik awal upaya untuk menemukan bakat olahraga di antara belantara jutaan anak Indonesia usia belia.

“Sebab itu, saat ini kami terus berupaya menggencarkan Bimtek antropometri agar terjaring bibit atlet yang memnuhi kriteria,” pungkasnya. (bam)

Disporapar Kota Sukabumi
Kabid Olahraga Disporapar Kota Sukabumi, Ganjar Ramdani Saputra beserta para guru olahraga dan pemateri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.