Irjen Kemenkumham Ontrog Lapas Sukabumi

Inspektur Jendral Kementrian Hukum dan HAM ke-16, Razilu
Inspektur Jendral Kementrian Hukum dan HAM ke-16, Razilu didampingi Kalapas Kelas IIB Sukabumi Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Victor Nixon Toar melakukan peninjauan pelayanan penitipan, Selasa (17/1).

WARUDOYONG – Inspektur Jendral Kementrian Hukum dan HAM ke-16, Razilu menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi. Hal ini, dilakukan merupakan realisasi program Gerak Bangkitkan Kesadaran Inspirasi dan Motivasi (Gerbang Transisi) untuk mewujudkan keagungan Kemenkumham RI.

Dari pantauan Radar Sukabumi, Inspektur Jendral Kementrian Hukum dan HAM ke-16, Razilu tiba di Lapas Kelas IIB Sukabumi sekira pukul 10.30 WIB dan langsung mendapatkan sambutan hangat dari Kalapas Kelas IIB Sukabumi Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Victor Nixon Toar serta jajaran.

Bacaan Lainnya

Setelah melakukan pengecekan pelayanan penitipan barang dan lainnya, Razilu langsung bertausiah bersama ratusan warga binaan. “Dalam kunjungan saat ini, saya melakukan peninjauan bengkel kerja dan dapur. Alhamdulillh saya melihat banyak prestasi baik di Lapas ini,” ungkap Inspektur Jendral Kementrian Hukum dan HAM ke-16, Razilu kepada Radar Sukabumi, Selasa (17/1).

Razilu menjelaskan, bengkel kerja Lapas Kelas IIB Sukabumi terdapat pertukangan kayu, sablon menjahit dan lain sebagaianya. “Bahkan ketika saya disablon tadi, warga binaan bilang akan terkejut setelah lima menit. Ternyata, itu adalah foto saya. Hal itu, sangat luar biasa, karena mereka membuat dalam wktu singkat,” ucapnya.

Lanjut Razilu, di dapur Lapas Kelas IIB Sukabumi juga sudah mendapatkan sertifikat layak higienis dan juga terdapat produk bakso yang tidak ada di tempat lain. “Tadi saya sarankan supaya baksonya punya merek, karena itu ternyata dijual hingga ke luar Lapas juga,” cetusnya.

Tak hanya itu, Razilu juga mengapresiasi pelayanan dan pembinaan yang dilakukan kepada warga binaan. “Ternyata di sini juga ada semacam pesantren pendidikan agama darii Kemenag, ini tentunya menjadi suatu hal yang baik.

Makanya saya sampaikan kepada warga binaan ketika masuk di Lapas jangan diselali. Tetapi, harus dianggap ini satu jalan untuk menuju lebih baik lagi,” bebernya.

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Sukabumi Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Victor Nixon Toar menambahkan, kunjungan Irjen Kemenkumham RI ini untuk monitoring kegiatan pembinaan, kegiatan pelayanan kunjungan dan pelayanan pemberian makanan hingga pemeriksaan keamaanan.

“Dalam kegiatan ini, Pak Irjen memberikan tausiyah kepada warga binaan. Beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap Lapas Sukabumi yang sudah melaksanakan kegiatan pelayanan, pembinaan dan pengamanan dengan baik,” singkatnya. (bam)

Pos terkait