BPBD Kota Sukabumi Gandeng Setukpa Lemdiklat Polri

BPBD Kota Sukabumi
BPBD Kota Sukabumi saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Setukpa Lemdiklat Polri

SUKABUMI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Setukpa Polri Sukabumi yang diselenggarakan di Golf House Setukpa Lemdiklat Polri, Jalan Bhayangkara, Senin (24/10).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Whardhani mengatakan, PKS ini memuat lima ruang lingkup kerjasama. Seperti, sinergi program dan kegiatan penanggulangan bencana baik pada kondisi pra bencana, saat tanggap darurat, pasca bencana maupun peningkatan kapasitas pendayagunaan sumber daya manusia (SDM) dan peralatan.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, pengembangan kapasitas penanggulangan bencana di lingkungan Setukpa Lemdiklat Polri selain itu juga mensosialisasikan budaya lingkungan di wilayah Setukpa Lemdiklat Polri dan kegiatan lain yang dibutuhkan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Imran kepada Radar Sukabumi, Senin (24/10).

Adapun, lanjut Imran, dalam pelaksanaan terdapat empat hal yang harus dilaksanakan kedua belah pihak. Diantaranya, saling berkoordinasi dan komunikasi secara efektif dalam menyelenggarakan penanggulangan bencana, baik pada kondisi pra bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana sesuai tugas dan perannya.

Selain itu, saling memberikan akses komunikasi, informasi dalam penanggulangan bencana dan melakukan sinkronisasi kinerja posko bencana dengan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS PB) BPBD Kota Sukabumi, melakukan sosialisasi budaya masyarakat tangguh bencana kepada personil. “Dam juga melakukan peningkatan kapasitas pendayagunaan sumber daya manusia dan peralatan,” ujarnya.

Menurutnya, penandatanganan PKS ini juga dilakukan dengan Satpolpp Damkar, PLN, STH, PASUNDAN, STISIP Syamsul Ulum dan komunitas ojek wilayah Setukpa Polri. “Hal ini senagai upaya kami dalam menekan risiko bencana,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Setukpa Polri Brigjenpol Mardiaz Kusin menjelaskan, kerja sama secara informal sudah dilakukan dengan berbagai pihak. Namun, saat ini secara administratif baru bisa dilakukan yang dituangkan dalam PKS. “Dengan kerjasama ini, semoga program kegiatan penanangulangan bencana akan lebih sinerjis dan mantap lagi,” jelasnya.

Mardiaz menambahkan, PKS dengan BPBD Kota Sukabumi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penanggulangan bencana sehingga dapat dilaksanakan secara terkoordinasi terencana dan terpadu antar BPBD dan Setukpa terutama di area Setukpa Lemdiklat Polri.

“Kerjasama ini berlaku untuk lima tahun ke depan yang dapat diperpanjang serta segala pembiayaan pelaksanaan dibebankan kedua belah pihak,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *