BPBD Kota Sukabumi dan Damkar Gencar Simulasi Bencana

BPBD Kota Sukabumi
BPBD Kota Sukabumi saat melakukan simulasi bencana alam di salah satu rumah sakit

SUKABUMI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggandeng Damkar Kota Sukabumi, gencar melakukan praktik simulasi penanggulangan bencana dan kebakaran. Hal ini, dilakukan untuk mengasah dan mengevaluasi kemampuan, peralatan, keselamatan dan pengamanan dalam menghadapi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Imran Wardani mengatakan, praktik simulasi kecil penanggulangan bencana selain untuk menyelamatkan nyawa orang lain, juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan segala kemampuan dan keterampilan petugas menghadapi segala kejadian yang tidak diinginkan.

Bacaan Lainnya

“Baru ini kami menggelar simulasi penanggulangan bencana ini di Rumas Sakit Rido Galih untuk mengasah para petugas rumah sakit,” kata Imran kepada Radar Sukabumi, Jumat (21/1).

Lanjut Imran, dengan adanya praktik simulasi tersebut dapat mengukur kesiapan dan kesigapan personil dalam menyelamatkan nyawa manusia.

“Kekurangan praktik di simulasi ini dijadikan evaluasi untuk meningkatkan standar layanan, SOP dan sarana penyelamatan yang ada di Rumkit sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Imran mengingatkan, ketika bencana gempa terjadi orang banyak terselamatkan karena dirinya sendiri. “Gempa tidak membunuh mu tapi bangunanlah yang membuat mu mati,” ucapnya.

Kegiatan tersebut, sambung Imran, merupakan bagian dari rangkaian program membangun kesiapsiagaan dan roda ketangguhan di lingkungan Rumkit yang bermuara meningkatnya kapasitas dan ketahanan daerah terhadap bencana.

“Ya, sesuai penjabaran tujuan dan sasaran RPJMD Kota Sukabumi yaitu terwujudnya ketanguhan bencana daerah dengan strategi meningkatkan kapasitas penanganan bencana di Kota Sukabumi,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.