Bapemperda Usulkan Penambahan Anggaran dan Staff

CIKOLE– Ketua badan pembentukan peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Sukabumi, Henry Slamet mengusulkan adanya penambahan staf dan tenga ahli untuk membantu dalam pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda).

Hal itu dimaksudkan agar mempercepat proses pengesahan Raperda. Apalagi dengan sumber daya yang ada saat ini, pembahasan Raperda tersebut tidak akan rampung sesuai jadwal. “Kalau secara lisan sih sudah tapi secara formal belum disampaikan ususlan tersebut,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Henry mencontohkan, seperti halnya di eksekutif mempunyai banyak staf yang bekerja, belum lagi ditambah dengan dinas terkait yang mengusulkan Raperda. Jadi tidak heran jika proses pengajuan ke DPRD juga sangat cepat.

“Bagian hukum Setda Kota Sukabumi staffnya banyak, sehingga ketika salah satu instansi yang mengusulkan bisa cepat proses usulanya. Sedangkan di kita seadanya, sehingga wajar jika dalam pembahasan di dewan satu Raperda memakan waktu yang lama,”akunya.

Henry menambahkan. pihaknya juga mengusulkan anggaran pembuatan Perda bisa ditambahkan, sebab dalam pembuatan Perda juga harus melibatkan pihak akademisi atau bekerjasama dengan aktivis serta melakukan kajian, sehingga proses itu membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Makanya dibutuhkan anggaran yang cukup besar, mudah-mudahan di perubahan anggaran saya usulkan,”tambah dia.

Tidak hanya itu lanjut Henry, DPRD selain betugas membuat Perda, juga harus melakukan evaluasi Perda yang sudah berjalan. Jika bekerja sendiri tentu saja tidak akan sanggup.

Makanya kata Henry, usulan adanya tenga dan staff ahli tersebut untuk membantu pekerjaan tersebut.”Tugas kita itu bukan hanya membuat perda saja, tapi juga mengevaluasi perda yang sudah disahkan,”tandasnya.

 

(Bal/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.