Anggaran Dana Kelurahan Menyusut Hingga Rp79 Juta

  • Whatsapp
Ilustrasi Dana Kelurahan

CIKOLE- Anggaran dana kelurahan yang dikucurkan oleh pemerintah Kota Sukabumi tahun 2021 ini mengalami penyusutan. Hal tersebut dikarenakan adanya refocusing anggaran untuk penanganan dan vaksinasi Covid-19.

“Kalau untuk dana kelurahan pemerintah masih menganggarkan, begitupun dengan Program Pemberdayaan Rukun Warga ( P2RW),” ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Setda Kota Sukabumi, Ardian Hariadi kepada Radar Sukabumi, Selasa (20/4).

Bacaan Lainnya

Hanya saja untuk dana kelurahan, tahun ini pemerintah hanya menggangarkan sebanyak Rp. 79 juta setiap kelurahan. Angka tersebut tentunya sangat turun drastis, diman di tahun sebelumnya kelurahan diberikan anggaran sebanyak Rp. 366 juta pertahun.

“Berkurangnya anggaran ini soalnya ada refocusing anggaran. Tapi pemerintah masih mengganggarkan,” ujarnya.

Sementara itu, peruntukannya kata Ardian masih seperti tahun sebelumnya, untuk pemberdayaan masyarakat, sarana dan prasana. “Seperti halnya untuk kegiataan PKK, Posyandu, karang taruna, UMKM, RT RW dan lainnya,” terangnya.

Saat ini untuk dana kelurahan sendiri sedang dalam tahapan proses penyusunan angggaran untuk penggunaan dana kelurahan. Termasuk nanti melakukan input ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Ditambahkannya, untuk anggaran P2RW sendiri kata Ardian masih seperti tahun sebelumnya. Tidak ada penyusutan anggaran, hanya saja anggarannya di simpan di setiap kecamatan. “Masih seperti tahun lalu, Rp. 20 juta setiap RW,” pungkasnya. (bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *