Alasan Puskesmas Benteng Gencar Tes Skrining HIV/AIDS

TES HIV: Puskesmas Benteng, melakukan tes skrining HIV/AIDS terhadap orang rentan dan beresiko yang sering berada di kawasan Lapang Merdeka Kota Sukabumi.(FT: BAMBANG/RADARSUKABUMI)
TES HIV: Puskesmas Benteng, melakukan tes skrining HIV/AIDS terhadap orang rentan dan beresiko yang sering berada di kawasan Lapang Merdeka Kota Sukabumi.(FT: BAMBANG/RADARSUKABUMI)

SUKABUMIPuskesmas Benteng, melakukan tes skrining Human Immunodeficiency Virus dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) terhadap orang rentan dan beresiko yang sering berada di kawasan Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Petugas Puskesmas Benteng, dr. Emmy Kurniasih Tedjo menjelaskan, terdapat 22 orang yang saat ini dilakukan tes skrining HIV/AIDS, degan rincian laki-laki 17 orang dan perempuan lima orang. Dari total yang sudah di tes skrining HIV/AIDS itu semuya dinyatakan negatif.

Bacaan Lainnya

“Ya kami hari ini ada kegiatan mobile, bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Kegiatan ini tujuannya menskrining ya, jadi kalau memang didapati ada yang positif, kita bisa arahkan untuk diterapi,” kata Emmy kepada awak wartawan, belum lama ini.

Ia menjelaskan, sasaran tes skrining HIV/AIDS ini diantaranya Lelaki Seks Lelaki (LSL), anak jalanan, termasuk sppt-spot yang sebagian masyarakat mengetahui bahwa kemungkinan beresiko untuk bisa terkena HIV/AIDS.

“Biasanya kegiatan ini rutin dilakukan, kadang satu tahun satu kali atau satu tahun dua kali. Nah kenapa kami hari ini di sini, karena kami bekerjasama dengan LSM, jadi nanti mereka yang menentukan spot-spotnya, termasuk masing-masing puskesmas,” ungkapnya.

Mekanisme yang dilakukan dalam kegiatan tes skrining HIV/AIDS ini, pihak LSM lah yang akan melalukan penjangkauan terlebih dahulu, kemudian dikumpulkan serta berikan penyuluhan. Selanjutnya, dilakukanlah tes skrining HIV/AIDS secara cepat dan hasilnya pun langsung dapat terlihat, apakah positif atau negatif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *