3.274 KPM Belum Terima Haknya * Program BPNT Kembali Tuai Masalah

CIKOLE– Sebanyak 3.274 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Progran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kota Sukabumi belum bisa dicairkan atau belum menerima haknya. Padahal ribuan KPM tersebut tercatat sebagai penerima manfaat BPNT tahun 2018 ini.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Sukabumi, Hudi K Wahyu mengatakan, penerima manfaat BPNT pada tahun 2018 di Kota Sukabumi mencapai 14.389 KPM. Namun, dalam pelaksanaan dilapangan, jumlah tersebut tidak sesuai data yang dimililki Dinsos Kota Sukabumi.

“Yang sudah kita data mencapai 11.115 KPM pada 2018 ini. Jumlah ini berkurang dari data sebelumnya yakni sebanyak 14.389 KPM atau selisih 3.274 KPM. Tentunya hasil pengecakan ini sudah kita laporkan ke Kemensos, tinggal menunggu hasilnya saja,” ujar Hudi kepada Radar Sukabumi, belum lama.

Terkait penyebab persoalan yang terjadi, dirinya tidak mengetahui secara detail, sebab Dinsos hanya melakukan pendataan dan fasilitator dengan KPM. Untuk teknis distribusi dari pihak bank yang dipercaya oleh Kemensos RI. “Kita hanya mendata dan memfasilitasi saja,” akunya.

Tidak hanya itu, Hudi menambahkan dari 11.115 KPM tersebut, terdapat permasalahan lain seperti adanya laporan rekening dengan nilai saldo kosong. Tercatat hingga bulan Februari ada 80 KPM yang memiliki rekening kosong.

“Ini sudah kita tanya kepada pihak bank yang dipercaya sebagai penyaluran dana bantuan tersebut, tapi tidak ada solusi. Sehingga, kita laporkan langsung ke Kemensos,” terangnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *