2021, Ini Langkah Perumda TBW Kota Sukabumi Perbaiki Cakupan Kebutuhan Air

  • Whatsapp
Direktur Utama Perumda AM TBW, Abdul Kholik saat melihat sumber air baku di Cinumpang, beberapa waktu lalu. Foto:ikbal/radarsukabumi

SUKABUMI- Perusahaan Umum Daerah ( Perumda) Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi di 2021 ini akan melanjutkan program pembenahan infrastruktur dan Internet of Thing (IoT) . Hal tersebut dalam upaya memberikan cakupan layanan yang lebih baik bagi masyarakat.

” Kegiatan infrastruktur itu sudah kita rencanakan di 2020 namun tertunda akibat pandemi Covid-19. Mudah- mudahan di 2021 ini pembenahan dari sektor infrastuktur bisa terealisasi,” ujar Direktur Umum, Perumda TBW Kota Sukabumi, Abdul Kholik kepada Radar Sukabumi, Jumat (22/1).

Bacaan Lainnya

Rencana pembangunan infrakstukur itu diantaranya optimalisasi sistem Sumber air baku di Cinumpang, Batukarut dan Cigadog. Dengan mengganti pipa-pipa yang sudah rusak.

” Targetnya sendiri, untuk menekan kehilangan air sehingga berdampak kepada peningkatan cakupan layanan,” terangnya.

Lalu, pembuatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sungai Cimandiri , Sistem Pengembangan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK) Cibeureum dan perluasan SPAM Cipelang Pondok Halimun.

” Itu dilakukan untuk penambahan kapasitas produksi air untuk cakupan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkan Abdul Kholik, pihaknya juga akan merancang pembuatan Internet of Thing (IoT). Apalagi Perumda TBW Kota sukabumi sudah mempunyai sistem opersionalnnya, tinggal kembangkan lagi.

” Pembuatan Internet of Thing (IoT) ini, untuk memonitor seluruh proses tahapan air dari sumber sampai kepada pelanggan. Yang bisa dilihat secara online. Seperti tekanan air, jaringan pipa dan debit air. Kita tidak akan lagi melakukannya secara manual,” pungkasnya. (bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *