RS Betha Medika

Penyakit Pasca Lebaran

Momen lebaran identik dengan jadwal padat seputar kegiatan silahturahmi sanak keluarga dan handai taulan. Yang dilengkapi dengan sajian lebaran seperti ketupat, opor, sambal goreng kentang, ulen, dodol, dan kue-kue lebaran yang sangat menggugah selera. Untuk orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, kencing manis maupun kolesterol, lazimnya akan kambuh setelah lebaran berakhir.

Kegiatan mudik merupakan kegiatan yang ‘harus’ dilaksanakan, karena ini merupakan momen bahagia dimana kita akan berjumpa kembali dengan sanak saudara dan handai taulan yang sudah tidak berjumpa, akan membuat banyak orang kelelahan dan kurang tidur. Maka bila tidak diimbangi dengan pola makan sehat dan istirahat yang cukup, tidaklah aneh bila batuk, pilek, radang tenggorokan sampai dengan penyakit infeksi saluran pernafasan akan menyerang.

Kelelahan juga bisa berpengaruh besar pada pola makan, khususnya pada wanita, karena kelelahan akan memicu peningkatan selera makan.

Selain itu mungkin juga penyakit diare dapat kambuh karena higene makanan maupun lingkungan dan peralatan makan yang tercemar akibat dihinggapi lalat. Ataupun karena momen lebaran ini banyak sekali hidangan yang berperisa tajam, seperti gurihnya santan maupun pedas dapat menyebabkan timbulnya keluhan di lambung seperti penyakit maag.

Maka ada baiknya segera penuhi kebutuhan istirahat secara maksimal, disertai kembali ke pola makan yang sehat, perbanyak asupan air minum, sayur dan buah, dan olah raga yang cukup maka anda akan terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Apabila keluhan seputar kesehatan sudah ada, segeralah kontrol ke sarana pelayanan kesehatan agar keluhan tidak berlarut-larut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada keluarga dan kerabat yaa..

Salam semakin sehat dari kami keluarga besar RS Betha Medika. (*)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button