Kenali Penyakit Tumor

  • Whatsapp

dr. Davi N Kimal
Dokter Umum RSI.Assyifa

Bismillahirrahmaanirrahim, Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bacaan Lainnya

Kanker atau Tumor adalah pertumbuhan jaringan atau sel dalam tubuh yang tidak normal (abnormal), baik dari organ, sel saraf, tulang ataupun sel lainnya yang ada dalam tubuh manusia.

Secara medis kanker atau tumor di bagi menjadi 2 bagian, ganas dan jinak. Pembagian tersebut menjadi salah satu cara penamaan dari penyakitnya tersebut. Terkadang menjadi sebuah kesalahan pengertian di lingkungan atau masyarakat awan.

Di dalam medis bila jinak maka dinamakan Tumor dan bila ganas di namakan Kanker. Penyakit ini sudah ada sejak dahulu kala, namun beberapa tahun terakhir penelitian yang dilakukan oleh WHO sebagai lembaga yang menaungi kesehatan dunia mencatat bahwa kanker atau tumor menjadi salah satu penyakit yang mengakibatkan kematian sebanyak 8,8juta umat manusia. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang mematikan saat ini apalagi bila sudah terjadi penyebaran di dalam tubuh orang tersebut.

Semakin berkembangnya jaman, penyakit tersebut semakin banyak di temukan. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap penyakit ini, baik dari factor keluarga atau keturunan begitupun dari resiko kebiasaan dan pola hidup kurang sehat seperti maraknya makanan siap saji dengan bahan atau komponen yang kurang baik untuk tubuh manusia.

Adapun kebiasaan buruk yang saat ini menjadi masalah serius diberbagai daerah atau bahkan dunia, seperti merokok dan kebiasaan minum alcohol. Hal ini menjadi salah satu penyebab paling banyak yang mengakibatkan terjadi nya kanker atau tumor pada seseorang selain karena keturunan.

Walaupun penyebab kanker saat ini sudah diketahui oleh banyak orang di berbagai daerah atau berbagai negara belahan dunia, namun ada kalanya terjadi salah pengertian dari berbagai macam kalangan sehingga terkadang ada statement yang beranggapan bahwa kanker atau tumor bisa menyebar atau menular secara kontak antara penderita dengan orang yang sehat.

Kesalah pahaman ini berdampak buruk terhadap psikologis para penderita tersebut yang membuat para penderita penyakit tersebut mengalami gangguan psikologis yang sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan dan kesehatan pasien tersebut.

Saat ini dunia telah meresmikan pada setiap tanggal 4 februari dijadikan hari kanker sedunia yang bertujuan agar baik para penderita kanker dan juga masyarakat yang tidak terkena penyakit tersebut bisa saling merangkul satu sama lain untuk memberikan dukungan dan edukasi terhadap penyakit tersebut.

Alangkah baiknya mulai saat ini mari kita bekerja sama satu dan lainnya untuk menurunkan angka terjadinya penyakit kanker atau tumor dengan cara memperbaiki pola dan meningkatkan gaya hidup sehat.

Semoga materi yang saya berikan dapat bermanfaat dan memotivasi masyarakat untuk dapat saling merangkul, saling memberika motivasi dan saling mendukung baik untuk penderita ataupun bukan penderita agar lebih waspada terhadap penyakit tersebut. Wallahu A’lam Bisshowab (*)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *