Begini Cara Minum Kopi yang Aman untuk Kesehatan Hati

oleh -1 views
Kopi

RADARSUKABUMI.com – Meski ada penelitian yang mendukung manfaat kopi untuk kesehatan hati, tak berarti Anda bisa mengonsumsi kopi sesukanya. Semua ada batasnya.

Anda yang tak terbiasa mengonsumsi kopi, juga jangan dipaksakan.

Hingga saat ini, belum terdapat rekomendasi spesifik mengenai tingkat asupan kopi agar bermanfaat untuk kesehatan lever. Penelitian sejauh ini hanya menunjukkan konsumsi kopi tingkat sedang (3-4 cangkir per hari) secara teratur dapat bermanfaat.

Anda dapat mengonsumsi kopi pada pagi dan siang hari saat akan beraktivitas untuk membantu performa kerja sehari-hari.

Namun, pada orang dengan kondisi tertentu, mungkin perlu untuk membatasi asupan kafein harian, termasuk kopi, teh, coca-cola, maupun cokelat.

Contohnya, wanita hamil disarankan untuk membatasi asupan kafein hingga 200-300 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 2-3 cangkir kopi biasa.

Menurut laporan dari Coffee and Health, konsumsi 3-5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kerusakan hati. Laporan tersebut mengungkapkan, kandungan kopi dapat menurunkan risiko penyakit hati (penyakit lever) hingga 70%.

Meski manfaat kopi untuk kesehatan hati sudah terbukti, bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsinya.

Tetap batasi jumlahnya sesuai kebutuhan dan kondisi. Bila terlalu banyak, dapat menimbulkan insomnia, jantung berdebar, bahkan kenaikan asam lambung.

Lakukan juga pola hidup yang sehat lainnya, seperti makanan sehat dan seimbang, hindari alkohol dan merokok, olahraga rutin, serta istirahat yang cukup.(HNS/AYU/klikdokter)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *